Seporsi Nasi Padang di Tempat ini Dijual Rp180.000

Ilustrasi masakan Padang (foto: twitter)

Padangkita.com – Bicara soal masakan, masakan Padang saat ini sudah bisa dikatakan telah melanglang buana hingga ke belahan bumi mana pun. Masakan Padang telah naik peringkat menjadi salah satu makanan kelas dunia.

Salah satunya adalah rumah makan atau restoran yang ada di Belanda ini. Sejak 2011 silam telah berdiri rumah makan masakan Padang dengan nama Restoran Salero Minang di Den Haag.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan restoran yang dimiliki oleh perantau minang itu menyediakan makanan asli, sehingga orang Indonesia tidak kesulitan lagi menemukan rumah makan minang di luar negeri.

“Kini, banyak tempat di mancanegara yang kita dapat menemukan rumah makan Minang di sana,” tulisnya dalam akun facebook, usai mengunjungi restoran tersebut dalam lawatan ke Belanda, beberapa waktu lalu.

Di restoran itu tersedia sate padang, gulai tunjang, ayam singgang, samba lado hijau dengan patai, rakik maco, dan banyak lagi menu masakan Padang lainnya

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mampir di restoran Salero Minang, Den Haag Belanda (Foto: Facebook Irwan Prayitno)

Pemilik restoran Salero Minang Erita Lubeek mengatakan restoran yang dikelolanya masih mempertahankan keaslian bumbu masakan Padang.

Menurutnya, sebagai orang Minang, ia berusaha mempertahankan keaslian bumbu dan cita rasa masakan Padang. Sehingga, orang Indonesia di Belanda maupun masyarakat Eropa yang ingin merasakan makanan minang, terpuaskan dengan keaslian rasanya.

Erita yang bersuamikan muslim Belanda menuturkan untuk rendang, dirinya membuat dua macam.

Pertama, rendang asli yang dimasak selama dua hari berturut-turut, dan kedua rendang basah atau biasa disebut kalio yang hanya dimasak selama empat jam.

“Rendang asli kami sediakan terutama untuk orang-orang Indonesia yang tinggal di Belanda dan negara-negara Eropa lainnya,” ujar Erita.

Tapi tahukan anda berapa harga tiap porsi makanan yang ada di restoran tersebut:

Indah Gilang Puparasni, Mahasiswa Indonesia di Inggris yang pernah berkunjung ke tempat ini menuliskan dalam blog pribadinya, Paket komplit Rendang Padang Asli (RPA) harganya adalah seharga 12.50 euro atau sekitar Rp 180.000.

Begitu pula dengan Dendeng Balado yang dijual ditempat ini. Dijual seharga 12.50 euro atau sekitar Rp 180.000. Sedangkan untuk ayam singgang bakar Padang dijual dengan harga 10,50 euro.

Mungkin terdengar mahal bagi kita yang tinggal di Indonesia, namun tidak bagi mereka yang berada di Belanda. Harga tersebut merupakan harga yang sangat murah meriah.

BAGIKAN