Seniman Muda Sumbar, Sumut, dan Jambi Gelar Pameran di Taman Budaya

Padangkita.com –  Sejumlah seniman muda Sumatera Barat, Jambi, dan Sumatera Utara menggelar pameran seni dengan tema big exibition “sambilan baleh”.

Acara ini akan menampilkan karya desain dan kriya dan rencananya akan digelar pada 19-23 Agustus 2017 di Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Koordinator acara, Asrinaldi mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk sarana pengembangan dan wadah eksistensi para seniman muda Indonesia khususnya Sumatera.

“Ajang ini diharapkan jadi wadah untuk berekspresi dan menampilkan karya kepada publik. Selain itu untuk menggugah tradisi dan menjawab tantangan zaman dalam proses berkesenian,” katanya kepada padangkita.com, Minggu (13/08/2017).

Menurutnya beberapa karya yang diangkat dan dipamerkan berangkat dari  isu budaya lokal yang tengah berkembang saat ini.

Ada 19 seniman muda yang akan menampilkan karya-karya terbaiknya dalam pameran yang akan digelar kali ini. Dan semuanya mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.

“Semua persertanya adalah pegiat seni muda dari Sumbar, Sumut dan Jambi,” lanjutnya.

Para seniman ini, lanjutnya terinspirasi dari penuturan Prof Dharsono, seniman sekaligus dosen seni di Solo yang mengatakan bahwa untuk mengangkat kemajuan seni  di Indonesia, seniman harus mampu membawa unsur tradisi dalam karya mereka untuk dilempar ke tengah masyarakat.

“semakin global, semakin lokal,” lanjut Asrinaldi.

BAGIKAN