Rp284 Miliar untuk Pembangunan Bendungan di Pessel

Gerbang memasuki Kabupaten Pesisir Selatan dari Padang (Foto: twitter anakanakminang)

Padangkita.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan terus berupaya membantu meningkatkan produktivitas lahan pertanian. Salah satu upaya tersebut adalah dengan membangun bendungan untuk irigasi.

Bupati Pessel Hendrajoni membenarkan rencana pembangunan bendungan Sawah Laweh, Kecamatan Koto XI, Tarusan dengan anggaran mencapai 284 Miliar rupiah dengan menggunakan anggaran APBN pusat. Menurutnya, Pembangunan bendungan tersebut nantinya bisa meningkatkan kontinuitas suplai air pada areal sawah yang sudah ada.

“Masih ada seluas 2.023 hektar yang saat ini masih sawah tadah hujan,” terang Bupati Pessel dikutip dari pesisirselatankab, Kamis (04/10/2018).

Dikatakan dirinya, ada kurang lebih 18 sungai dengan 11 sungai besar dan 7 Sungai Kecil beradan 15 Kecamatan dan 182 Nagari. Bisa dihasilkan dengan keberadaan bendungan. Apalagi geografis wilayah di Kabupaten Pessel adalah perbukitan. Secara moderatnya bendungan ini cukup fital dan penting untuk membantu para petani, mengairih sawah, perkebunan dan pertanian.

Dengan keberadaan bendungan sawah lawe Kecamatan Koto XI Tarusan ini, selain untuk membantu irigasi pertanian, juga bisa sebagai salah satu tempat rekreasi keluarga. Kata Bupati Pessel.

” Pemkab Pessel, juga sedang konsen dalam pengembangan wisata di Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan,” tegas nya.

Hendrajoni, harapkan pembangunan Sawah Laweh Tarusan dapat meningkatkan produktivitas pertanian Pessel, Provinsi Sumbar untuk mendukung ketahanan pangan nasional,” pungkasnya.

Baca juga:
Pemerintah Siapkan 2.100 Personel Manggala Agni Antisipasi Karhutla