Rendang Minang kembali ‘Unjuk Gigi’ di Negara Eropa

Rendang (Foto: cant-live-without.com)

Padangkita.com – Kuliner khas Minang, Rendang kembali ‘pamer’ di salah negara maju di eropa yakni Jerman. Rendang Sumatera Barat kali ini dihadirkan dalam Pameran Allgemeine Nahrung Genussmittel Austellung (ANUGA) 2017.

ANUGA sendiri merupakan salah satu pameran makanan dan minuman internasional terbesar dunia yang diselenggarakan di Cologne, Jerman. Acara ini berlangsung pada tanggal 7 hingga 11 Oktober 2017.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dalam akun facebooknya mengatakan Sumbar merupakan satu-satunya provinsi yang diundang dalam pameran ini.

“Sumbar satu-satunya provinsi di Indonesia yang diundang dalam kegiatan tersebut dan karena itu kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk menumbuhkan penjualan dan memperbesar kapasitas market UMKM kita,” kata Irwan dalam laman Facebooknya, Minggu (10/09/2017).

Selain rendang, dalam pameran kali ini Sumatera Barat juga memamerkan beragam produk lokal lainnya seperti kopi, kerupuk, dan aneka makanan lokal Sumatera Barat.

Ini tentu saja semakin memperkenalkan kepada dunia produk-produk makanan dan minuman dari Sumatera Barat agar semakin dikenal di dunia.

Pameran kuliner ANUGA ini dibuka oleh Henriette Rekker (Walikota Cologne, Jerman); Wolfgang Ingold (Chairman of the Federation German Food and Drink Industries).

Hadir juga pada kesempatan ini Ibu Binoni Napitupulu dari Kementerian Industri dan Bp Ibnu Prispermana Konjen RI di Frankfurt; Ibu Olvy Andrianita, Atase Perdagangan Kedubes RI untuk Belgia; serta Wendy Lim, Direktur Koelnmesse Asia Pacific.

Tahun lalu, situs berita CNN mengumumkan rendang khas Indonesia asal Sumatera Barat dinobatkan sebagai makanan nomor satu terenak di seluruh belahan dunia.

Tahun ini, CNN kembali merilis daftar 50 makanan terenak sedunia lewat 35.000 voting di media sosial Facebook. Hasilnya, rendang khas Sumatera Barat kembali menduduki peringkat pertama.

Rendang asli Indonesia yang mendunia ini adalah rendang khas Minang. Berbeda dengan rendang Malaysia, rendang Minang punya tampilan yang kehitaman dan kering. Dengan perpaduan rempah asli tanah Sumatera Barat yang kental serta gurih.