Ratusan Saudagar Nusantara Ikuti Kegiatan Roadshow di Padang

Padangkita.com – Sebanyak 400 orang saudagar mengikuti kegiatan Roadshow serikat Saudagar Nusantara yang diadakan oleh Serikat Saudagar Nusantara Daerah Kota Padang 2018.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Yunisman mengatakan, Pemerintah Kota Padang sangat mendukung kegiatan yang diadakan oleh pelaku usaha Serikat Saudagar Nusantara Daerah Padang ini.

“Hal ini sangat berdampak positif dan menambah spirit terhadap pelaku usaha mikro yang telah kita bina di Kota Padang,” kata Yunisman dikutip dari humas, Selasa (23/10/2018).

Untuk mengembangkan usaha, pengelolaan usaha sangat perlu dilakukan. Pengelolaan usaha ini bukan hanya dari produk saja, akan tetapi juga dari segi mindset manusianya harus dikelola sehingga pola berfikirnya berubah menjadikan sebuah bisnis.

Selanjutnya Yunisman menjelaskan, di dalam suatu usaha perlu juga komunikasi yang sangat luas, perlu juga dijalin kerjasama antar sesama untuk saling mendapatkan informasi (Take and Give) saat memberi dan menerima.

“Membina hubungan antar sesama juga bisa meningkatkan usaha, kalau hubungan kebersamaan semakin kuat akan meningkatkan dirinya semakin maju,” terang Yunisman.

Yunisman menambahkan, dengan adanya Roadshow ini para peserta akan mendapatkan ilmu-ilmu yang sifatnya langsung melihat eksekusinya bukan lagi teori-teori.

“Saya berharap kedepan pelaku usaha ini bisa menciptakan lapangan kerja baru, dengan dibukanya lapangan kerja baru akan mengurangi angka pengangguran,” imbuh Yunisman

Sementara itu Ketua pelaksana kegiatan Roadshow Saudagar Nusantara 2018, Zulfadli menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah membuat momentum bagi kawan-kawan saudagar untuk mereka bisa bertemu berdiskusi dengan sesama saudagar.

Sesuai dengan tema kegiatan ini yaitu membangun Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) untuk Negeri dan Saudagar Nusantara ini mengingatkan kita pada masa lalu dimana berkembangnya Islam di Nusantara ini dibawa oleh saudagar-saudagar kita dari Arab dan Gujarat.

“Itulah sebabnya Roadshow Saudagar Nusantara ini kita gelar, untuk membangkitkan kejayaan Saudagar-saudagar kita di masa lalu,” terang Zulfadli.

Kegiatan Roadshow Saudagar Nusantara ini dihadiri sebanyak 400 orang Saudagar yang tidak saja berasal dari Kota Padang Propinsi Sumatera barat saja, tetapi juga ada Propinsi tetangga seperti, Bangka Belitung, Jambi, Medan, Bengkulu dan Pakan baru.

Baca juga:
Pemerintah Usulkan Tarif Ojek Daring Rp2.000/Kilometer

“Mudah-mudahan Roadshow Saudagar Nusantara 2018 ini berjalan dengan sukses, dan menjadi Saudagar-saudagar yang hebat,” tutur Zulfadli.