Puncak Arus Balik di BIM Diperkirakan Pada 1-2 Juli

Suasana di BIM Sumbar saat arus mudik Lebaran (Foto: Padangkita.com)

Padangkita.com – Puncak arus balik lebaran di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang Pariaman, Sumatera Barat diperkirakan terjadi pada Sabtu – Minggu (1-2/7/2017) atau sehari sebelum masuk kerja pada 3 Juli.

General Manager PT Angkasa Pura II cabang BIM Suparlan menyebutkan arus balik melalui angkutan udara baru akan mencapai puncaknya pada 1 dan 2 Juli.

“Perkiraan kita puncaknya pada 1 dan 2 Juli. Selanjutnya lagi pada 8 dan 9 Juli,” katanya, Rabu (28/6/2017).

Ia mengatakan seperti tahun sebelumnya, saat ini arus mudik di bandara tersebut masih terjadi, dikarenakan para pedagang yang berada di rantau baru mudik setelah selesai lebaran.

Para perantau yang mudik belakangan ini kemungkinan baru akan kembali balik setelah dua hingga tiga minggu di kampung halaman.

“Karena masih ramai yang berada di kampung halaman, makanya harga tiket tetap tinggi, karena demand (permintaan) tidak berkurang,” ujarnya.

Sementara itu peningkatan jumlah penumpang selama arus mudik lebaran di bandara tersebut pada H-1 dan H-2 mendekati 20 persen.

Pada H-1 misalnya, peningkatan jumlah kedatangan mencapai 10,80 persen dari 6.234 penumpang dengan 36 penerbangan tahun lalu menjadi 6.907 penumpang dengan 38 penerbangan.

Sedangkan untuk keberangkatan meningkat 17,46 persen menjadi 2.476 penumpang dengan 38 penerbangan dari tahun sebelumnya yang hanya 2.108 penumpang dengan 38 penerbangan.