PSSI Pastikan Liga 1 Dimulai 23 Maret

Logo Liga 1 Indonesia 2017 (Foto: Ist)

Padangkita.com – Kompetisi sepak bola Liga 1 akan mulai bergulir pada 23 Maret 2018. Pertandingan bergengsi antara juara bertahan Bhayangkara FC versus Persija Jakarta akan menjadi kampanye perdana Liga 1 yang diikuti 18 klub ini.

Duel kedua tim akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Kepastian ini usai PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) bersama 18 klub Liga 1 di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (8/3/2018) lalu.

“Ini hasil kesepakatan bersama klub dan PSSI, kami akan mulai kick off Liga 1 pada 23 Maret dan estimasi berakhir 2 Desember 2018. Alasan menunjuk kedua klub tersebut karena menjadi juara. Bhayangkara FC merupakan pemegang gelar Liga 1 musim lalu, sedangkan Persija adalah pemenang Piala Presiden 2018,” kata Direktur Utama PT LIB yang juga Bendahara PSSI, Berlinton Siahaan.

“Pada 15 Maret kami akan melakukan pertemuan lagi dengan klub untuk mematangkan regulasi dan sinkronisasi jadwal klub dengan Timnas Indonesia. Contoh regulasi yang sudah disepakati yakni kuota maksimal pemain asing yakni empat pemain. Tiga bebas dari benua apa saja, dan satu wajib dari Asia. Tiap klub wajib mendaftarkan tujuh pemain dibawah usia 23 tahun,” tambahnya.

Sebelumnya PT. LIB juga sudah melunasi tunggakkan subsidi kepada 18 klub Liga 1 di musim 2017 sebesar Rp 38 miliar. PT LIB juga akan meliburkan kompetisi pada saat Asian Games. Selain itu ada sembilan pekan padat dari total 34 pekan.

“Nanti akan kami evaluasi kembali terkait agenda padat terutama selama Asian Games 2018 yang akan berjalan tiga minggu. Draf jadwal Liga 1 paling lambat besok kami kirimkan ke klub,” tukas Berlinton.

Pada kesempatan ini, PT LIB juga mengumumkan Emtek Group akan menjadi pemegang hak siar Liga 1 2018. Stasiun TV yang akan menyiarkan Liga 1 2018 yakni Indosiar, O’Channel, dan TVOne. Selain itu ada 124 live streaming, itu yang bisa ditonton lewat vidio.com.

Baca juga:
Bukittinggi dan Rencana Soal Akademi Sepak Bola