Presiden Jokowi Akan Buka Kompetisi Liga 1

Wakil Ketua Umum Joko Driyoni ditunjuk jadi pelaksana tugas Sekjen PSSI, setelah mundurnya Ade Wellington. (Dok. PSSI)

Padangkita – Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka secara resmi kompetisi Liga 1 Indonesia, Sabtu 15 April 2017. Pembukaan bakal berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage, Kota Bandung.

“Presiden Joko Widodo direncanakan bakal hadir. Undangannya telah disampaikan.” ujar Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Joko Driyono, Rabu pekan lalu.

Ia mengklaim seluruh persiapan on the track. Tidak ada kendala dari klub, PSSI dan operator.

Hari ini, kompetisi diawali dengan pertandingan Barito Putera dengan Mitra Kukar pada pukul 15.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan Persib Bandung melawan Arema FC yang menjadi laga pembuka kompetisi ini pada pukul 18.30 WIB.

Sebelumnya, Gojek Traveloka Liga 1 secara resmi dilaunching di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin pekan lalu. Kompetisi yang dioperatori oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) ini akan kick off pada Sabtu, 15 April 2017.

Logo Liga ini ada ada dua warna. Hijau dan biru yang seimbang dengan gambar kepala burung Garuda sebagai lambang sepak bola Indonesia melingkari gambar bola. Di tengah terdapat tulisan Go-Jek Traveloka Liga 1. Untuk tagline dipilih: #ligabarusemangatbaru.

Direktur Utama PT LIB Berlinton Siahaan mengatakan harapan dan semangat baru dari logo itu untuk kebangkitan sepak bola Indonesia. Apalagi ini merupakan kompetisi resmi setelah Indonesia bebas dari sanksi FIFA.

Kompetisi akan melibatkan 18 klub tanah air terbaik Indonesia seperti Arema FC, Bhayangkara FC, Bali United, Madura United, Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, Persib Bandung, Persela Lamongan, Persegres Gresik United, Perseru Serui, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, Pusamania Borneo FC, PS TNI, PSM Makassar, Semen Padang serta Sriwijaya FC. Rencananya kompetisi ini akan bergulir selama 34 pekan dan berakhir pada 12 November 2017 mendatang.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi berharap masyarakat penggemar bola Indonesia menyambut kompetisi tersebut. Bukan hanya itu, dengan menggaet sponsor yang merupakan perusahaan berbasis teknologi, Go-Jek dan Traveloka, diharapkan bisa memberi andil untuk menarik minat masyarakat.

“Kami berharap Go-Jek Traveloka Liga 1 mampu meningkatkan kembali rasa antusias masyarakat terhadap persepakbolaan nasional, khususnya generasi muda,” kata Edy seperti dikutip situs resmi PSSI.

Baca juga:
Line Up Semen Padang FC Vs Persiba, Nil Coba Duet Tambun - Syamsul