Polri Naikan Status Polda Sumbar Jadi Tipe A

Kantor Polda Sumatera Barat. (Foto : Dok. PadangKita.com

PadangKita – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menaikan status Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat dari tipe B menjadi tipe A, bersama dua daerah lainnya Polda NTT dan Polda Maluku.

Kapolri Janderal (Pol) Tito Karnavian akan melakukan kunjungan kerja ke Sumbar, sekaligus meresmikan peningkatkan status Polda setempat menjadi tipe A.

“Sore sampai di BIM (Bandara Internasional Minangkabau, red), malamnya acara pemberian gelar adat. Senin, upacara peresmian peningkatan status polda dari tipe B menjadi tipe A,” ujar Syamsi, Kabid Humas Polda Sumbar, Sabtu (1/4/2017).

Mabes Polri, sesuai surat Nomor B/125/M.KT.01/2017 akan menaikan status Polda Sumbar, Polda NTT, dan Polda Maluku menjadi tipe A.

Kenaikan status Polda Sumbar dilakukan karena tingkat kerawanan bencana di daerah itu yang tinggi, sehingga diperlukan jumlah personel yang memadai untuk ikut mengantisipasi terjadinya bencana.

Dengan kenaikan status tersebut, maka juga akan dikukuhkan kenaikan pangkat Kapolda Sumbar dari Brigjen menjadi Irjen dan Waka Polda dari Kombes menjadi Brigjen. Begitu juga untuk pejabat utama lainnya.

Tito dijadwalkan tiba pada Minggu (2/4/2017) pukul 17.00 WIB di VVIP Room BIM dengan pesawat khusus, dan disambut Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Kapolda Sumbar Brigjen Pol. Fakhrizal.

Baca juga : Kapolri Kunjungi Sumbar 2 Hari, Berikut Agendanya

Sesuai agenda, selain meresmikan peningkatan status Polda Sumbar, Kapolri juga dijdwalkan beramah tamah dengan tokoh adat dan masyarakat Sumbar.

Selain itu, Tito akan mendapatkan gelar adat Sutan Rajo Paga Alam dari masyarakat suku Sikumbang Kamang Mudiak, Kabupaten Agam. Istrinya Tri Suswati Tito Karnavian juga akan menerima gelar Siti Linduang Alam.

Dalam dua hari kegiatannya di Sumbar, Kapolri juga diagendakan memberikan kuliah umum di Universitas Andalas sebelum bertolak kembali ke Jakarta.

Baca juga:
Lentera Anak Dukung Pemko Padang Putus Iklan Rokok