PM Kanada Ternyata Miliki Garis Keturunan Padang

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. (Foto : Bowenpress)

PadangKita – Kabar mengejutkan datang dari Perdana Menteri Kanada ke-15, Pierre Trudeau. Selain merupakan Perdana Menteri termuda ternyata Pierre Trudeau memiliki darah keturunan Padang.

Dalam laman www.thepeerage.com, Nenek buyut ketiga dari ibu Pierre Trudeau yakni Cornelia Louisa Intveld berasal dari Padang, Sumatera. Indvelt lahir di Padang pada tahun 1808.

Website Find A Grave mencatat, ayah Intveld berasal dari Hellevoetsluis, Belanda, yang tinggal di Padang dan menjadi penduduk di tanah Sumatera Barat.

Sedangkan, ibu Intveld merupakan seorang Ono Niha, meski tak diketahui secara jelas identitasnya. Dalam bahasa aslinya, orang Nias menamakan diri mereka “Ono Niha” (Ono = anak/keturunan; Niha = manusia).

Baca Juga:
Kurambiak Senjata Mematikan Dari Ranah Minang
Tak Dijemput, Puluhan Wisatawan Terdampar di Pulau Angso Duo Pariaman

Meskipun demikian Namun, kedekatan leluhur seorang pemimpin negara dengan Indonesia toh tidak membawa keuntungan khusus bagi Indonesia, apalagi bagi Sumetera Barat.

Kumparan.com menulis, di bawah kepemimpinan Justin Trudeau, Indonesia memang mendapatkan Foreign Direct Investment (FDI) dari Kanada yang cukup tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan data dari Asia Pacific Foundation of Canada, pada tahun 2015 FDI dari Kanada naik sebesar 5.7 persen dibanding tahun sebelumnya, ketika Trudeau belum menjabat. Di tahun 2016 pun, Kanada menjamin peningkatan yang stabil dalam bidang investasi untuk Indonesia.

Berdasarkan garis keturunan langsung keluarganya, Trudeau adalah keturunan Kanada campuran Skotlandia-Perancis. Kakek Trudeau, Charles Emile Trudeau adalah seorang pengusaha dan kakek dari garis ibunya merupakan kelahiran Skotlandia bernama James Sinclair yang pernah menjabat sebagai Menteri Perikanan Kanada 1952-1957.

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau merupakan politisi idola baru kaum hawa di berbagai negara karena ketampanannya. Seperti yang dilansir Kabar Australia pada 3 April 2017, Trudeau yang menjabat sebagai Perdana Menteri ke 23 Kanada pada tahun 2015 , lahir dari pernikahan Pierre Elliot Trudeau dan Margaret Sinclair pada 25 Desember 1971 di Ottawa, Kanada. Dia terlahir sebagai anak pertama dari tiga bersaudara.

Pemerintahan Trudeau memang dikenal memiliki kebijakan yang sangat terbuka di bidang imigrasi. Tahun lalu saja, Kanada menerima tidak kurang dari 40.000 pengungsi dari Suriah.

Negara yang masyarakatnya terkenal sangat heterogen tersebut menjadi salah satu negara yang paling progresif dalam isu imigrasi. Menurut Menteri Keimigrasian Kanada, John McCallum, pada tahun 2017 Kanada akan menerima 300.000 imigran dari seluruh dunia, seperti dikutip dari berbagai sumber.