Pilpres 2019: Nomor 1 Jokowi-Ma’ruf Amin, Nomor 2 Prabowo-Sandi

Padangkita.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan tahapan pengundian nomor urut pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang, Jumat (21/09/2018) malam.

Pasangan Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin mendapatkan nomor 01, sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapatkan nomor 02. Penggunaan nomor 01 dan 02 bukan 1 dan 2 itu merupakan kesepakatan kedua pasangan calon dalam mengatasi kemungkinan benturan dengan nomor Partai Politik Peserta Pemilu.

Hasil undian nomor urut itu menjadi dasar Keputusan KPU No. 1142/PL.02.2-KPT/06/KPU/IX/2018 tentang Penetapan Nomor Urusan Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2019 yang dibacakan langsung oleh Ketua KPU Arief Budiman.

Sahabat-Sahabat Sejak Lama

Joko Widodo yang mewakili pasangan calon nomor urut 01 dalam sambutannya mengajak pasangan calon Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno untuk melakukan kontestasi politik dengan beradu program, ide, rekan jejak dan prestasi.

Ia berharap dalam kompetisi politik ini menjauhkan diri dari saling memfitnah, saling menghina, saling mencemooh karena hal itu bukan nilai-nilai yang kita anut, nilai ke-Indonesia-an.

“Saya ingin meskipun kita berkompetisi, saya masih bisa bertelepon dengan Pak Prabowo, dengan Pak Sandiaga Uno karena mereka adalah sahabat-sahabat saya sejak lama,” pungkas Jokowi.

Sementara Prabowo Subianto dalam sambutannya menyambut baik ajakan pasangan Calon Presiden Joko Widodo dan Calon Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin untuk melaksanakan Pemilu dengan sejuk, dengan damai, dengan semangat kekeluargaan untuk mencari yang terbaik buat bangsa.

“Kita semua adalah keluarga besar NKRI, karena itu kita semua harus menyikapi persoalan bangsa sebagai persoalan kita bersama,” kata Prabowo.

Tampak hadir dalam kesempatan itu seluruh Komisioner KPU, Bawaslu, dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), para Ketua Umum Partai Politik pendukung masing-masing Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, serta Tim Kemenangan kedua pasangan calon.

Selanjutnya penyelenggaraan Pemiliham Umum 2019 akan memasuki tahapan kampanye mulai Minggu (23/09/2018) mendatang, seperti dikutip dari setkab, Sabtu (22/09/2018). (ril)

Baca juga:
Kereta Api BIM Beroperasi Tahun Depan