Pilkada Padang, Empat Bakal Calon Wali Kota Mendaftar ke NasDem

Ketua DPD Partai NasDem Padang Apris Yaman (Foto: ist)

Padangkita.com – Partai Nasional Demokrat (NasDem) Padang menjaring bakal calon wali kota Padang untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2018. Ada empat orang yang terjaring hingga penutupan pendaftaran pada Sabtu 20 Mei 2017.

“Pendaftaran sudah tutup sejak 20 Mei. Ada empat bakal calon yang mendaftar,” ujar Ketua DPD Partai NasDem Padang Apris Yaman, Selasa (23/05/2017).

Empat bakal calon yang sudah mendaftar itu berasal dari berbagai latar belakang. Mereka adalah, Wakil Wali Kota Padang periode 2013-2018 Emzalmi, Wakil Sekjen DPP REI Alkudri, Politisi Partai Amanat Nasional Muhammad Ichlas El Qudsi dan dari internal partai, Apris Yaman.

Apris mengatakan, ada beberapa tahapan yang akan dilalui bakal calon tersebut. Di antaranya verifikasi yang dilakukan pengurus daerah hingga pusat.

“Nanti DPP NasDem yang akan menetapkan calon yang diusung Nasdem,” ujar Anggota DPRD Sumatera Barat itu.

Kata dia, partainya sengaja lebih awal melakukan penjaringan bakal calon wali kota. Agar bakal calon yang terjaring memiliki waktu panjang untuk bersosialisi kepada masyarakat.

Menurutnya, sosialisasi ini diharapkan bisa menaikan elektabilitas calon yang diusung. “Sosialisasi ini juga berguna untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada,” ujar Wakil Ketua Ikatan Alumni IAIN Imam Bonjol itu.

Partai NasDem merupakan partai dengan perolehan empat kursi di DPRD Padang. Partai tersebut membutuhkan koalisi dengan partai lainnya untuk mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

Namun, Apris optimisis partainya bisa mengusung kandidat. Mereka gencang konsolidasi dengan sejumlah partai.

“Kami membutuhkan lima kursi lagi untuk mengusung. Tapi kami sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah partai,” ujarnya.

Baca juga:
Polres Sijunjung Sosialisasikan Bahaya Paham Radikal