Pessel Upayakan Pertahankan Adipura

Selamat datang di Kabupaten Pesisir Selatan. (Foto: Dok. PadangKita)

Padangkita.com – Guna mempertahankan piala Adipura, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengajak aparatur daerah dan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Bupati Hendrajoni menyampaikan pada penilaian adipura tahun ini, Pessel merupakan satu-satunya kabupaten di Sumatera Barat (Sumbar) yang masuk dalam penilaian Adipura.

“Tim penilai bakal datang 27 Maret 2018 ini. Semuanya harus bersih. Kebersihan juga sebagian dari iman,” ujar bupati usai upacara gabungan Hari Sampah Nasional di Painan, dikutip dari pesisirselatankab, Jumat (23/03/2018).

Upacara gabungan yang digelar di Kawasan Pantai Carocok itu dihadiri seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda).

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Para siswa-siswi di Painan dan seluruh pejabat perbankan yang ada di Pessel.

Usai upacara, bupati bersama sejumlah OPD menanam pohon pelindung di kawasan Pantai Carocok.

Selain itu, para Aparatur Sipil Negara (ASN) bersama para siswa yang hadir dalam upacara juga turut bergotong royong membersihkan pantai carocok.

Bahkan, pemerintah daerah juga memberi reward berupa uang dan buku bagi setiap sampah yang diambil para siswa.

Bukan saja lingkungan masyarakat, tegas bupati, guna mempertahankan Adipura, dirinya juga bakal melakukan peninjauan ke setiap pasar-pasar tradisional.

“Tentu yang paling penting adalah OPD yang harus menjaga kebersihan. Saya akan lihat nanti. Semua kantor dan pasar harus bersih,” tegas bupati.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta peran aktif seluruh lembaga perbankan negeri berjuluk ‘sejuta pesona’ itu untuk memperindah daerah.

Apalagi, Pessel merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Sumbar. Jika kebersihan terjaga, secara otomatis pengunjung menjadi nyaman.

“Itu kqn ada program coorporate social responsibility (CSR. Itu bisa bikim bak sampah. Bank Nagari, seharusnya lebih meningkatkan perannya,” ujar bupati.

Baca juga:
Wagub Ingatkan Bahaya Hoaks