Pessel Kembangkan Pelabuhan Panasahan untuk Ekspor

Pelabuhan Panasahan Painan, Pesisir Selatan (Foto: sumbarsatu.com)

Padangkita.com – Pelabuhan Panasahan, Painan, di Kabupaten Pesisir Selatan cukup strategis dan berpotensi dikembangkan sebagai pelabuhan ekspor sehingga berbagai hasil bumi dari kabupaten itu dan daerah tetangga seperti Muko Muko, Bengkulu Utara dapat dibawa melalui pelabuhan tersebut.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bakan melakukan pengembangan Pelabuhan Penasahan untuk dijadikan pelabuhan berskala internasional menjadi prioritas dalam pembangunan.

“Secara teknis, pelabuhan Panasahan Painan lebih bagus dari beberapa pelabuhan lainnya di Sumatera Barat termasuk Teluk Bayur. Dan dengan aktifnya pelabuhan ini akan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” kata Bupati Pessel Hendrajoni, Senin (9/4/2018).

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Optimis bahwa pelabuhan kapal laut Panasahan Painan  sudah bisa difungsikan sebagai pelabuhan transit dan ekspor pada masa mendatang.

Untuk itu dukungan diperlukan ,terutama terkait dukungan pengalokasian anggaran pendukung pembangunan.
Selain itu dari anggaran dana tersebut pada pelabuhan penasahan akan dibangun sarana dan prasarana pelabuhan seperti dermaga, tanki timbun untuk minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) dan pembuatan jety.

Hendrajoni memperkirakan, untuk pengembangan pelabuhan tersebut hingga tuntas akan menghabiskan dana yang sangat besar sebab pelabuhan Panasahan Painan seperti yang diharapkan tersebut, banyak hal yang perlu dipersiapkan, seperti perbaikan dan pengembangan sarana prasarana pelabuhan, sehingga kapal-kapal berkapasitas besar dapat masuk dan bersandar.

Dijelaskannya, kedalaman laut di kawasan pelabuhan tersebut mencapai 12 sampai 15 meter sehingga tidak lagi membutuhkan pengerukan. Dan sangat cocok untuk kapal besar bersandar.

 

Baca juga:
Diadang Puluhan Karyawan, PN Padang Tunda Eksekusi Lanjutan Basko