Pessel Kembangkan Budidaya Tanaman Kelapa

Padangkita.com – Kabupaten Pesisir Selatan (pessel) siap mengembangkan pembudidayaan perkebunan tanaman kelapa seluas 750 hektare. Hal ini ditujukan untuk mengembangkan sentral buah kelapa di daerah itu.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Pesisir Selatan, Jumsu Trisno mengatakan kegiatan ini juga diikuti dengan pelatihan budidaya untuk petani. Setidaknya untuk 750 hektare lahan ini, perhektarnya ditanam sebanyak 60 batang bibit kelapa.

Jenis tanaman kelapa yang dikembangkan diantaranya bejenis Kelapa Dalam atau Kelapa Tinggi. Sebab, sesuai potensi, jenis kelapa ini sangat potensial dikembangkan di daerah pantai, dan juga sudah banyak dibudidayakan petani.

“Sumber anggarannya dari APBN sebesar Rp1,5 miliar. Bentuk bantuan yang diberikan, langsung berupa bibit, alat tanam dan pupuk untuk petani,”sebutnya.

Menurut Jumsu, adanya pengembangan budidaya kelapa di daerah ini merupakan salah satu langkah dalam mengantur jenis ciri khas tanaman perkebunan di daerah. Sebab, sebagai daerah pantai Pesisir Selatan memiliki peluang unggul dalam pembudidayaan tanaman kelapa.

“Kelapa Dalam (atau jenis kelapa yang dibudidayakan) ini, cukup terkenal di Pesisir Selatan dan Pariaman. Jadi intinya, kita ingin pokus bagaimana potensi kelapa di Pesisir Selatan jadi sentra di Sumbar,”terangnya.

Katanya, pembudidayaan tanaman kelapa di daerah tersebut, saat ini terdapat di tiga kecamatan potensial, seperti di Kecamatan Sutera, Kecamatan Lengayang dan Ranah Pesisir.

“Untuk bantuan budi daya kelapa ini, sudah didistribusikan kepada petani, dan sudah ada yang menanam. Selain daerah potensial, seperti Sutera, Lengayang dan Ranah Pesisir, Kecamatan lainnya seperti Tarusan dan Silaut juga telah kita kembangkan,” pungkasnya dikutip dari humas, Jumat (31/08/2018).

Baca juga:
60 Persen Irigasi di Sumbar Rusak, Pemprov Diminta Fokus Benahi Irigasi