Pessel jadi Daerah Penangkap Ikan Terbesar di Sumbar 2017

 

Nelayan menambatkan perahunya di tepi pantai Kawasan Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman karena cuaca buruk, Sabtu (2/12/2017). (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menjadi penghasil ikan terbesar di Sumatera Barat pada 2017. Capain tersebut lebih besar dibandingkan daerah lainnya sepertiAgam, Pariaman dan Padang.

Kabid Tangkap Dinas Perikanan Pesisir Pelatan, Alfirman menyatakan hasil tersebt dilihat dari tingginya hasil dan pendapatan ikan yang diperoleh oleh nelayan di Pessel. Hasil yang didapat melebihi target yang ditentukan oleh pemerintah daerah. Adapun target yang ditetapkan pada 2017 adalah sebanyak 3400 Ton sedangkan hasil yang didapat 3800 selisih 36 Ton.

“Hasil tangkap dan produktifitas yang kita capai bukan hanya melebihi target, kemudian daya jangkau ekspor kita juga sangat luas sperti, Jambi, Pekan Baru Riau, Muaro Bungo, Palembang, Bengkulu dan juga Lampung,” katanya dikutip dari humas, Minggu (14/01/2018).

Lebih lanjut kata Alfirman, pencapaian itu didapat melalui nelayan-nelayan yang berada di masing-masing Kecamatan seperti Tarusan, Batangkapeh, Sutera, Lengayang dan Ranah pesisir.

Pemkab pessel menurutnya akan mencoba mempetahankan hasil tersebut pada tahun 2018. Hal ini demi kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan.+

“Maka dengan itu di tahun 2018 kami akan mempertahankan pencapaian tersebut, sehingga kami juga akan mensejahterakan para nelayan yang ada. Salah satunya dengan mengsurfei langsung para nelayan dan bersosialisasi dengan memberikan Asuransi jiwa kepada setiap nelayan kita,” kata dia.

Baca juga:
Pemkab Pessel Upayakan Peningkatan Produktivitas Sapi