Pesisir Selatan Terima Anggaran Pembangunan Rumah Laik Bagi Nelayan

Dok: Pesisirselatan.go.id

Padangkita.com – Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Pesisir Selatan, Mukhridal menyebutkan bahwa pihaknya kembali menerima anggaran untuk membangun rumah layak di pemukiman nelayan Muara Painan, Nagari Painan Selatan sebanyak 50 unit dari pemerintah pusat pada 2018.

“Awalnya di lokasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menggelontorkan anggaran untuk membangun 50 unit rumah dan pembangunannya tinggal pembuatan drainase, dan alhamdulillah masih di lokasi yang sama pusat kembali membangun 50 unit rumah lagi,” kata dia, Sabtu (21/4).

Namun, tambahnya, rumah layak yang akan dibangun anggarannya hanya Rp30 juta per unit, berbeda dengan rumah sebelumnya yang dianggarkan Rp120 juta per unit.

Meski demikian, katanya, rumah-rumah itu akan sangat layak bagi nelayan dibanding dengan rumah yang mereka tempati saat ini.

Ia mengungkapkan apabila 50 unit rumah tersebut terealisasi maka khusus di Painan Selatan sudah tidak ada lagi rumah yang tidak layak.

“Selain menjadikan nelayan lebih sehat dan lebih nyaman rumah-rumah yang akan dibangun juga akan menjadikan lokasi semakin enak di pandang mata, apalagi pemukiman itu berdekatan dengan Objek Wisata Pantai Carocok Painan,” sebutnya.

Terkait rumah yang akan selesai dan yang akan dibangun pihaknya menegaskan bahwa pemerintah kabupaten belum melakukan penunjukan terhadap nelayan-nelayan yang akan menempatinya.

Saat ini pihaknya baru akan membentuk tim seleksi terkait siapa-siapa saja yang akan menempati rumah bantuan tersebut.

“Kami berharap nelayan tidak menjadi korban penipuan oleh oknum-oknum yang ingin mencari keuntungan dari program tersebut dan agar mendapat informasi yang valid sebaiknya nelayan menunggu informasi dari kami secara resmi,” pungkasnya.

Baca juga:
Pesisir Selatan Petakan Nagari Rawan Penunggak Raskin