Pesisir Selatan Optimis Ekonomi Bertumbuh di 2018

Gerbang memasuki Kabupaten Pesisir Selatan dari Padang (Foto: twitter anakanakminang)

Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) optimis ekonomi bertumbuh di tahun ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda), Yozki Wandri menyampaikan, optimisme itu sejalan dengan realisasi pertumbuhan di tahun sebelumnya yang di atas rerata angka pertumbuhan ekonomi provinsi.

“Bahkan, realisasi pertumbuhan tahun lalu kita mampu di atas nasional, yakni 5,2 persen,” ungkapnya, Kamis (8/3).

Pada periode 2017, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pesisir Selatan tercatat 5,5 persen. Capaian itu di atas rata-rata angka provinsi, yang hanya 5,32 persen. Sedangkan sepanjang 2018 ini, daerah dengan julukan ‘negeri sejuta pesona’ itu dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) mematok pertumbuhan mencapai 6,08 persen.

Guna mewujudkan target tersebut, ia melanjutkan, pemerintah daerah telah menyiapkan berbagai langkah strategis seperti mendorong laju pengembangan pariwisata seoptimal mungkin. Sebab, sektor tersebut dinilai mampu menjadi penggerak berbagai sektor unggulan lainnya seperti pertanian dan perikanan.

“Jika ini berjalan, tentu akan banyak tumbuh berbagai kegiatan hilir yang berbasis komoditi lokal,” tuturnya.

Kemudian, ulasnya, meningkatkan upaya penguatan terhadap kapasitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebab, selama ini, sektor usaha yang diyakini sebagai yang usaha tahan krisis itu mampu sebagai pengungkit pertumbuhan dari sisi lapangan usaha. Menggenjot pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan. Dengan demikian, konektivitas di kabupaten distribusi dapat berjalan lancar.

Selain itu, meningkatkan ratio elektrifikasi sebagai penunjang kegiatan perekonomian masyarakat. Dalam hal ini, ia mengaku pemerintah daerah telah berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“Meski begitu, juga berharap semakin membaiknya kondisi ekonomiglobal. Sebab, dalam sistem perekonomian terbuka ini, kondisi itu juga berpengaruh bagi kita,” tutupnya.