Perkuat Integritas, Pemko Padang Ikuti KNTI I di Kebumen

Kantor Balaikota Padang, Aia Pacah. (Foto: Humas Pemko Padang)

Padangkita.com – Sebagai upaya meningkatkan integritas, Pjs Walikota Padang, Alwis mengikuti rangkaian acara Kolaborasi Nasional Tunas Integritas (KNTI) I Tahun 2018 di Hotel Mexolie, Panjer Kabupaten Kebumen.

Acara tersebut diselenggarakan Sekretariat Bersama Integritas Nasional dengan tuan rumah Pemerintah Kabupaten Kebumen. Dan dibuka langsung Pjs Gubenur Jawa Tengah yang diwakili Inspektur Provinsi Jawa Tengah Siswo Laksono, Selasa (20 Maret 2018).

Untuk memperkuat integritas Pemkot Padang dalam pembangunan nasional, dikesempatan itu, Pjs Walikota Padang mengikutsertakan Staf Ahli Pemkot Padang Dian Fakri dan Inspektorat Pembantu Pemkot Padang Jasrizal.

Dilansir dari kebumenkab.go.id, KNTI I 2018 mengusung tema “Integritas Nasional Semakin Kuat Dengan Kejelasan Struktur, Gotong Royong Pendanaan dan Dukungan Digitalisasi”.

KNTI I ini dilatarbelakangi oleh pembangunan budaya integritas nasional sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia yang berintegritas dengan melibatkan semua pilar penting bangsa.

Sampai akhir 2017, sudah tergabung 150 KLOP (Kementerian, Lembaga, Organisasi, dan Pemerinah Daerah). 60 KLOP sudah melakukan workshop dan 25 KLOP sudah menyusup panduan pembangunan budaya integritas, serta 3 KLOP yang membuat pemetaan risiko KKN.

Dengan demikian, KNTI memiliki peran strategis untuk dapat menutupi kesenjangan antar KLOP melalui saling sharing dan saling bantu agar budaya integritas dapat meningkat secara signifikan.

KNTI I 2018 diselenggarakan pada 20-22 Maret 2018, dengan materi acara diskusi panel tentang Dukungan positif stakeholder Aparat Penegak Hukum dalam mewujudkan visium dan budaya Integritas KLOP, serta Kolaborasi untuk Knowledge Management Pembangunan Budaya Integritas dan Penguatan Peran Core Integrity Pembangunan Budaya Integritas Nasional”.

Selanjutnya, materi kolaborasi tentang Pemetaan, monitoring dan penghargaan grade progress pembangunan budaya integritas, Tindaklanjut dari quick wins hasil Rembuk Integritas Nasional III, dan Penguatan struktur dan legalitas pembangunan budaya integritas.

Selanjutnya, Pusat kajian dan piloting pembangunan budaya integritas di perguruan tinggi serta perannya dalam pembuatan regulasi dan pengukuran dampak pembangunan budaya integritas, Penguatan peran core integrity dalam sectoral integrity panel, dan penjabaran kegiatan nyata 7 komponen komite integritas. [ril]