Perjuangan Berat SPFC untuk Bertahan di Liga 1 Indonesia

Semen Pdang FC (Foto: MO Semen Padang)

Padangkita.com – Usai tumbang dari tuan rumah Persija Jakarta 2-0 di laga terakhirnya di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (22/10/2017) Semen Padang FC pun berada di zona degradasi.

Saat ini Hengki Ardilles dan kawan-kawan berada di peringkat 16 dengan selisih 2 poin dari Perseru Serui yang merangkak naik ke peringkat 15. Semen Padang FC saat ini mengumpulkan poin 29 sedangan Perseru Serui mengumpulkan poin 31 poin dari 31 laga yang dijalaninya.

Pada laga di pekan ke 31, Perseru Serui secara mengejutkan menumbang tim favorit juara Persipura Jayapura 2-1 di Serui.

Dengan hasil tersebut, tim kebanggaan Urang Awak itu memperpanjang masa penceklik yang hanya mampu menuai hasil tujuh kemenangan, delapan seri, dan 16 kekalahan dari 31 pertandingan. Hasil buruk tersebut berimbas pada dipecatnya pelatih Nilmaizar.

Ini artinya Hengky Ardiles dan kawan-kawan wajib menang di tiga sisa pertandingan jika tidak ingin turun kasta ke Liga 2 musim depan.

Itu pun jika Perseru Serui mengalami satu kekalahan di laga sisa mereka. Begitu juga dengan Persiba Balipapan yang menghuni peringkat 17 klasemen. Maka harapan Semen Padang adalah Perseru menelan kekalahan di laga sisa musim ini.

Perjuangan Semen Padang untuk menghindari degradasi tergolong berat, Tim besutan Syafianto Rusli itu akan melakoni laga penentu dengan Perseru Serui di pekan berikutnya. Beruntung tim asal kota padang itu bermain di depan pendukung setianya.

Di pekan berikutnya, Semen Padang melakoni laga tandang bersama peringkat ke delapan klasemen, Arema FC dan laga terakhir dengan menjamu PS TNI.

Sedangkan Perseru Serui melakoni dua laga tandang dan satu laga kandang bersama Semen Padang FC, Borneo FC dan Persib Bandung.

Adapun Persiba Balikpapan melakoni laga berat bersama PSM Makassar, dan tiga laga sisanya bersama Madura United, Persela Lamongan, dan Mitra Kukar.

Pelatih Semen Padang FC, Syafrianto Rusli optimis timnya akan mampu bertahan di kasta tertinggi liga 1 Indonesia musim depan.

Semen Padang FC saat ini berada di peringkat 16 atau berada di zona degradasi dengan raihan poin 29 dari 31 pertandingan. Tim Kabau Sirah berselisih 2 poin dari Perseru Serui yang berhasil mengkudeta posisi Semen Padang FC setelah menang 2-1 atas tamunya Persipura Jayapura.

Baca juga:
Curi Poin di Bandung, Peringkat Semen Padang FC Tak Berubah

Menurutnya menghadapi Perseru Serui adalah laga penentuan untuk memastikan bertahan atau tidaknya Semen Padang FC di Liga 1 Indonesia musim depan.

“Kami masih optimis bisa bertahan di Liga 1. Kami akan menghadapi Perseru Serui di kandang kami nanti, itu akan menjadi laga final untuk kami nanti. Jika kami kalah,  baru kami habis,” ujarnya dikutip dari situs Liga.