Perbaiki Suasana Hati dengan Minum Teh?

Padangkita.com – Kebanyakan dari kita beranggapan kalau ‘tea break’ hanya membuang-buang waktu. Namun, riset membuktikan bahwa proses membuat dan meminum teh tersebut, mampu membuat mood menjadi baik dan meningkatkan kreatifitas dalam menyelesaikan masalah.

Dilansir dari Dailymail, peneliti Suzanne Einother mengatakan, “tea break mampu memperbaiki susana hati yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Mood seseorang akan membaik saat membuat teh, menyicipi rasa, dan menikmati aromanya.”

Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan di Holland dengan 150 karyawan yang dibagi menjadi 3 grup. Pada grup pertama, peserta dipersilahkan minum teh, dan grup kedua diberi permen, sedangkan grup ketiga diberi segelas air.

Setelah itu mereka dites untuk melakukan permainan kata, menggambar alien, dan menyelesaikan puzzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa grup yang meminum teh menyelesaikan tes paling cepat, sedangkan yang hanya diberi air adalah yang paling lambat.

Teh mengandung asam amino dan theanine yang dapat mengurangi kecemasan dan ketegangan. Minum 2 cangkir teh setiap hari dapat memberikan kenyamanan pikiran. Karena mengandung sedikit kafein, sebaiknya teh hijau diminum pada pagi dan sore hari.

Hasil penelitian itu dipublikasikan dalam jurnal “Food Quality and Preference.”

Baca juga:
Ekonomi Kreatif: Memaksimalkan Seni Pertunjukan