Pengelola Home Stay di Pessel Terima Bantuan dari Kemenpar

Lanskap kawasan mandeh dari Puncak Mandeh (Foto/A. Paderi)

Padangkita.com – Meningkatkan kualitas hunian di kawasan wisata Mandeh, Kementrian Pariwisata memberikan bantuan kelengkapan kamar homestay di Sungai Nyalo Mudiak Air, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan Yunasri melalui kasi Ispildi mengatakan bantuan yang diberikan kali berupa alas kasur, selimut, buku tamu dan pedoman terkait pengelolaan homestay

Ispildi menjelaskan, saat ini kapasitas pelaku wisata di Pesisir Selatan harus terus ditingkatkan. Masyarakat diminta untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pengunjung yang datang.

“Masyarakat harus selalu didorong dan dimotivasi agar bisa menjadi tuan rumah yang baik dalam mendukung kegiatan kepariwisataan didaerahnya,” katanya dikutip humas, Sabtu (11/11/2017).

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan daya tarik wisatawan setempat melalui perwujudan sapta pesona dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang usaha pariwisata dan usaha terkait
lainnya.

Dinas pariwisata menurutnya terus melakukan pemberdayaan kepada masyarakat di Kawasan wisata apalagi saat ini kawasan Mandeh menjadi wisata andalan Kabupaten Pessel dan Sumbar. Untuk sebab itu, pola dan tingkah laku masyarakat juga harus
dibina agar semakin baik dan mampu menjadi pelaku wisata andal.

“Sekarang ini pemerintah selalu berusaha untuk melengkapi sarana dan prasarana dengan mensinergikan semua lini untuk bisa terlibat langsung dan melahirkan program program pengembangan,” ujarnya

Menurutnya Kawasan Mandeh telah menjadi kawasan pilihan dan diprioritaskan untuk pengembangannya bahkan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Pemerintahan Provinsi Sumbar dan Pememrintahan pusat menjadikan pembangunan Kawasan Mandeh sebagai prioritas pembangunan.

“Perhatian khusus diberikan ke kawasan Mandeh untuk itulah perlu adanya pembenahan disemua bidang termasuk SDMnya,” ujarnya.

Seperti diketahui, kawasan Mandeh menjadi wilayah unggulan salah satu potensi wisata yang ada di Indonesia yang ditetapkan oleh presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.