Pemko Bukittinggi Rencanakan Lokasi Pusat Pasar Pabukoan

Padangkita.com – Pemerintah kota Bukittinggi merencanakan penempatan pusat Pasar Pabukoan selama Ramadhan 2018 atau 1439 Hijriah akan dibuka di lokasi Los Lambuang, kawasan Pasar Lereng.

Wali Kota Bukittinggi, M. Ramlan Nurmatias, Minggu (29/4/2018) mengatakan, setelah dilakukan pembicaraan dengan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, kemungkinan Ramadhan tahun ini pusat Pasar Pabukoan akan ditempatkan dan dibuka di Los Lambuang atau dimana lokasi pedagang menjual nasi Kapau.

“Rencananya Los Lambuang akan kita jadikan lokasi pusat Pasar Pabukoan, karena tidak ada lagi lokasi penempatan yang lain, atau tidak adanya lahan yang dapat dipakai untuk berjualan Pabukoan selama Ramadhan,” terangnya.

Menurut M. Ramlan Nurmatias, sebelumnya setiap tahun pusat Pasar Pabukoan berada di depan kawasan parkir eks Bioskop Gloria, namun lokasi itu sekarang telah dibangun dan dijadikan pasar penampungan bagi pedagang korban kebakaran Pasar Ateh.

Masalah Pasar Pabukoan tidak perlu dikhawatirkan lagi karena disetiap Kelurahan yang ada di Bukittinggi, pasti sudah membuka pasar Pabukoan masing-masing.

“Jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk membeli pabukoan saat bulan Ramadhan nanti, karena pusat Pasar Pabukoan di Los Lambuang, dan Pasar Pabukoan juga akan ada di setiap Kelurahan,” jelasnya.

Ramlan Nurmatias menambahkan, penempatan bagi pedagang Pabukoan akan diatur sebaik mungkin, mengingat lokasi yang tidak begitu luas, dimana tempat berjualan nanti akan di tata oleh Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, agar pembeli mudah menjangkau Pabukoan yang diinginkannya.

“Nantinya pedagang akan ditata dulu bagaimana bagusnya, serta memberikan celah atau jalan bagi pembeli agar mudah melihat Pabukoan di pasar, dan untuk kebersihan lokasi, diserahkan pada pasukan kuning dari Dinas Lingkungan Hidup,” tukasnya. (YPA)

Baca juga:
Ini Dia Anak Muda Minang Penguasa Bisnis Sate di Swiss