Pemkab Pesisir Selatan Berpedoman Kepada Fatwa MUI Melakukan Imunisasi Rubella

Ilustrasi. (Foto: Pexels)

Padangkita.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan akan melaksanakan imunisasi Measles Rubella (MR) sebagai langkah mendukung program Pemerintah Pusat. Program ini dituangkan dalam Surat Edaran Bupati Pesisir Selatan Nomor : 440/969/KES-P2P/VIII/2018 tanggal 24 Agustus 2018.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menghimbau kepada Kepala Kementerian Agama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Direktur Rumah Sakit Dr. M. Zein Painan, Kepala Bagian Humas, Kepala Bagian Kesra, Camat Se Kabupaten Pesisir Selatan dan seluruh Kepala Puskesmas se Kabupaten Pesisir Selatan giat melaksanakan sosialisasi dan kampanye imunisasi MR.

Dalam surat edaran itu Hendrajoni mengimbau agar dalam melaksanakan imunisasi MR tahun 2018 berpedoman kepada Fatwa MUI Pusat Nomor 33 Tahun 2018 tentang Penggunaan Vaksin Measles Rubella (MR) karena Vaksin Produk berasal dari Serum Institute Of India (SII) terkait dengan sertifikasi Halal dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait dengan izin edar vaksin.

“Kita ikuti Fatwa MUI Pusat karena Vaksin Produk berasal dari negara lain, terkait dengan izin edar vaksin kita berpedoman kepada izin edar nomor : PN.01.03.31.313.04.17.1196 yang telah diterbitkan oleh BPOM”, Ujar Hendrajoni dilansir dari pesisirselatankab.go.id Rabu (29/08/2018).

Lebih jauh Hendrajoni mengimbau agar setiap Perangkat Daerah agar melakukan pendekatan secara persuasif dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi MR.

“Lakukan pendekatan secara persuasive dan berikan pemahaman kepada masyarakat akan dampak dari bahaya penyakit campak dan rubella yang dapat menyebabkan kecacatan dan kematian”, kata Hendrajoni.

Selain itu, Ia juga berharap kepada pihak terkait agar mendukung dan berperan aktif dalam pelaksanaan imunisasi MR Tahun 2018.

“Besarnya dampak yang ditimbulkan akibat Campak dan Rubella menjadikan Imunisasi MR sangat Penting untuk dilaksanakan, kita berharap kepada Stakholder terkait juga mendukung dan berperan aktif dalam mensukseskan imunisasi MR Tahun 2018, sehingga masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan terbebas dari Penyakit Campak dan Rubella”, harapnya.

Baca juga:
Hari Ini Terakhir Registrasi Ulang Kartu Prabayar, Upaya Membenahi Data Pelanggan