Pemerintah: Tidak Ada Kenaikan Tarif Listrik

Presiden Joko Widodo (Foto: Setkab)

Padangkita.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meminta tidak ada kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) dari 1 Juli 2017 hingga akhir tahun ini.

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan menyatakan pihaknya akan mencoba meminta PLN untuk melakukan efisiensi. Di samping itu, ESDM memprediksi kalau ada penurunan harga dari energi primer seperti batubara, minyak dan gas maka tarif listrik tidak akan naik.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, tarif listrik sejak 1 Juli sampai 31 Desember 2017, tarif tenaga listrik tidak ada yang naik,” kata Jonan.

Menurutnya, instruksi Presiden soal tidak adanya kenaikan tarif dasar listrik akan diberlakukan kepada semua golongan pelanggan.

Di samping keputusan untuk tidak menaikkan tarif tenaga listrik tersebut, Menteri Jonan juga mengungkapkan perlunya tambahan subsidi listrik bagi pelanggan rumah tangga daya 900 VA.

Lebih lanjut Menteri ESDM mengatakan, bahwa seiring dengan perkembangan verifikasi yang dilakukan oleh PLN, ditemukan tambahan 2,4 juta pelanggan rumah tangga 900 VA yang semestinya tetap mendapat subsidi. Artinya 4,1 juta pelanggan 900 VA rumah tangga tidak mampu akan bertambah menjadi 6,5 VA.

Jonan menambahkan, dari pemaparan Presiden Jokowi bahwa listrik merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat banyak. Oleh sebab itu, pemerintah tidak akan menaikan TDL hingga akhir tahun ini.

“listrik ini sangat penting bagi masyarakat, makanya hingga akhir tahun ini tidak ada kenaikan,” pungkasnya, seperti dirilis dari situs ESDM, Kamis (22/06/2017).

Dia menambahkan, PLN pun sebagai operator menyetujui hal tersebut.

 

Baca juga:
Peran Ninik Mamak Cegah Degradasi Moral Generasi Muda Minang Makin Besar