Pemerintah Siapkan 1.255 Kapal untuk Mudik Lebaran

Ilustrasi

Padangkita.com – Sebanyak 1.255 armada kapal disiapkan oleh pemerintah untuk persiapan mudik Idul Fitri tahun ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) A Tonny Budiono mengatakan kapal-kapal ini digunakan untuk para pemudik yang menggunakan jalur laut sebagai moda transportasinya.

“Pemerintah menyiapkan 1.278 kapal. Dari jumlah tersebut terdapat 17 kapal yang dalam docking dan 6 kapal yang rusak,” katanya.

Menurutnya, kapal yang docking kemungkinan besar akan tetap digunakan dan tetap beroperasi.

Sebelumnya, Menteri perhubungan juga menghimbau masyarakat untuk menggunakan bus yang laik jalan. Hal tersebut juga harus berdasar pada kendaraan yang lolos uji.

“Ini demi keselamatan bersama,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya, seperti dilansir dari situs Dephub, Kamis (25/06/2017).

Dia meminta masyarakat untuk menaiki bus-bus yang telah lulus uji ramp check angkutan lebaran 2017.

Sementara itu, Ketua Tim Kunjungan Komisi V DPR RI Muhidin M. Said mengapresiasi keberhasilan Kementerian Perhubungan dalam melakukan penataan terminal dan kesiapannya dalam menyambut masa angkutan Lebaran 2017. Ia berharap ini dapat dipertahankan sampai arus balik Lebaran.

“Saya mengapresiasi Kementerian Perhubungan dan jajaran karena penataan terminal dan kesiapan sarana dan prasarana sudah cukup bagus. Berharap bisa dipertahankan sampai arus balik,” jelasnya.

Muhidin pada kesempatan yang sama juga meminta agar harga tiket bus selama masa angkutan lebaran dipantau secara kontinyu.

Baca juga:
Menu Sehat Makanan Minang: Buka Puasa dengan Gulai Kapau