Pemerintah Pessel Sebut Jalan Mandeh – Bungus Rampung Tahun Ini

Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menyatakan pembangunan ruas jalan tembus Bungus-Mandeh bakal rampung tahun ini.

Bupati Hendrajoni mengungkapkan kepastian itu seiring dengan komitmen pemerintah pusat dalam membangun Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mande.

“Sesuai rencana, jalan tersebut nanti bakal diresmikan langsung Presiden Joko Widodo,” ungkapnya, Rabu (11/4).

Pada tahun anggaran 2017, pemerintah pusat telah melakukan pembangunan pada jalan sepanjang 42 Kilometer itu hingga 8 Kilometer.

Pembangunan kembali dilanjutkan pada tahun ini. Dalam perencanaan, pengerjaan dibagi dalam tiga paket kegiatan.

Paket U dengan rute Mandeh-Bungus. Paket II Mandeh-Tarusan. Sedangkan untuk paket III, laniut bupati terdiri dari pembangunan jembatan senilai Rp13 miliar.

“Secara keseluruhan, total biaya untuk ketiga paket itu mencapai Rp170 miliar. Itu dananya semua dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” terang Hendrajoni.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Pemuda dan Olahraga, Mawardi Roska menyebutkan, jalan itu merupakan stimulan bagi pengembangan wisata Pesisir Selatan.

Menurutnya, dengan telah rampungnya ruas jalan tersebut, secara otomatis memberikan dampak positif pada kunjungan wisata di Pesisir Selatan.

“Saat ini saja sudah 2.500 orang kunjungan wisata pada Sabtu dan Minggu di Mandeh,” sebutnya.

Selain itu, ia menambahkan, pihaknya kini terus menyiapkan pembinaan terhadap sumber daya manusia dan pelaku usaha di setiap destinasi.

Baca juga:
Dinilai Lemahkan KPK, Alumni FH Unand Minta Hak Angket Dihentikan