Pelatih SPFC Isyaratkan Pasang Tambun Jadi Juru Gedor di Laga Pamungkas

Penyerang Semen Padang Tambun Naibaho berhasil mencetak dua gol saat menghadapi Persiba Balikpapan pada pekan kedelapan kompetisi Liga 1. Semen Padang FC menang 2-1 atas tim tamu di Stadion H Agus Salim Padang, Senin 29 Mei 2017. (Foto MO Semen Padang FC)

Padangkita.com – Pelatih Semen Padang Syafrianto Rusli tak menutup kemungkinan akan lebih mengoptimalkan peran Tambun Naibaho dalam merobek pertahanan lawan jika penampilan Marcel Sacramento tidak kunjung membaik.

Syafrianto mengatakan kondisi Marcel secara mental dan kerja keras sudah lebih baik. Namun, kondisi fisik pemain asal Brazil itu dinilai masih belum terlalu bagus. Dia berharap performa Marcel akan semakin baik dalam dua-tiga hari ke depan.

“Kita lihat situasinya. Kalau perkembangannya tidak juga bagus, bisa saja Tambun yang lebih kita optimalkan di lini depan. Tadi dalam latihan ada beberapa bola lepas dan peluang yang tidak gol oleh dia (Marcel),” ujarnya.

Marcel Sacramento di awal bergabung memang sempat menjadi andalan Semen Padang untuk merobek jala lawan. Pada gelaran ISC 2016, dia berhasil mencetak 21 gol, hanya kalah empat gol dari top skorer saat itu, Alberto Gonvalces, yang mengoleksi 25 gol.

Sayangnya pada Liga 1 musim ini penampilannya menurun drastis, hanya mencetak lima gol dari 24 pertandingan. Produktivitasnya bahkan kalah dari Vendri Mofu yang sudah mencetak 10 gol dari 31 penampilan meskipun berposisi sebagai gelandang serang.

Selain ada kemungkinan perubahan di lini serang, komposisi pemain belakang sepertinya juga akan mengalami perubahan. Pada latihan Semen Padang, Rabu (08/11/2017) pagi, Cassio de Jesus yang sebelumnya dipercaya di lini tengah kembali ditarik ke belakang menemani Agus Prasetyo. Posisi Cassio di posisi tengah kemungkinan akan diisi oleh Fino Adrianas atau Elvis Nuh Harewan menemani Fridolin Yoku.

Cassio kembali ditarik ke belakang untuk menutupi lubang yang ditinggalkan Novrianto yang masih cedera. Sementara itu, penampilan Hamdi saat mengisi lini belakang ketika bertandang ke Malang masih belum memuaskan karena sering kecolongan.

Syafrianto juga mengingatkan timnya untuk mewasdai tim tamu, PS TNI, yang selalu tampil ngotot di setiap pertandingan.

“Pemain PS TNI ngotot semua. Di mana saja main, mereka selalu ngotot. Jadi kita harus hati-hati,” kata dia.

Semen Padang saat ini berada di peringkat 16 Liga 1 Indonesia 2017 dengan raihan poin 32 dari 33 pertandingan, mereka tertinggal 2 poin dari Perseru Serui yang berada 1 tingkat di posisi aman dari degradasi.

Baca juga:
Sempat Robek di Kepala, Riko Siap Tampil Hadapi Persipura

Agar bisa selamat dari degradasi, Semen Padang harus bisa meraih poin penuh sembari berharap Perseru Serui kalah atau seri saat melawat ke Persib Bandung.