Pasca Banjir, Kawasan Pantai Padang Dipenuhi Sampah

Sampah yang bertebaran di kawasan Pantai Padang, Senin (11/09/2017). (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Banjir yang terjadi di kota Padang, Sabtu (09/09/2017) menyisakan tumpukan sampah di sepanjang pantai Padang hingga Senin (11/09/2017) pagi.

Kawasan pantai Padang sejak kemarin masih terlihat kumuh dan kotor oleh tumpukan sampah yang dibuang oleh masyarakat ke aliran sungai tersebut.

Petugas kebersihan pantai Padang terus berupaya membersihkan sampah yang bertebaran di sepanjang pantai terutama yang dekat dengan muara sungai.

Syahril Hakim, salah seorang petugas kebersihan kota Padang mengatakan cukup kewalahan dengan tumpukan sampah yang terjadi kali ini. Menurutnya, sampah-sampah tersebut merupakan kiriman dari hulu akibat banyaknya warga buang sampah sembarangan.

“Setiap habis hujan lebat atau banjir selalu banyak sampah bertebaran di kawasan Pantai,” katanya kepada padangkita.com, Senin (11/09/2017).

Sampah yang berserakan di sepanjang pantai terdiri dari sampah plastik (bekas makanan, botol minuman, dan kantong kresek), kayu dan ranting pepohonan.

Banyaknya volume sampah yang berserakan di kawasan pantai membuat petugas harus bekerja ekstra. Bagi para pemulung, tumpukan sampah juga dimanfaatkan dan kumpulkan untuk di jual kepada para pengepul.

Menurut sejumlah petugas, kondisi ini terjadi setiap kota padang dilanda banjir serta tingginya intensitas hujan. Petugas mengaku kewalahan dan butuh waktu berhari – hari agar pantai padang kembali bersih.

“Sampahnya banyak dan butuh beberapa hari untuk membersihkan kawasan ini,” lanjutnya.

Sebelumnya pada Sabtu kemarin, hampir seluruh wilayah di kota padang dilanda banjir hingga ketinggian 1 meter. Selain merendam rumah warga, banjir juga sempat melumpuhkan jalur trasportasi.

Hal ini harus menjadi perhatian serius bagi pemerintah kota Padang agar sampah-sampah tersebut bisa segera dibersihkan.

Sebelumnya dikutip dari humas kota Padang, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi menuturkan,dibutuhkan perhatian dan kerjakeras bersama dalam menjaga kebersihan Pantai Padang. Apalagi, Pantai Padang memang muara dari seluruh sungai.

“Sangat dibutuhkan perhatian kita bersama,” terangnya.

Medi menyebut, sudah saatnya masing-masing sungai yang ada di Padang untuk dipasangi jaring. Sehingga tidak ada lagi sampah yang hanyut ke sungai dan bermuara di Pantai Padang.

Baca juga:
Alumni Universitas Diponegero di Sumbar Gelar Halal bi Halal

(Aidil Sikumbang)