Pasca Banjir di Padang, Baznas Buka Dapur Umum

Padangkita.com – Pasca banjir yang melanda Kota Padang, Provinsi Sumatra Barat , Jumat, 2 Nopember 2018 menyisahkaan banyak masalah. Banjir telah menghanyutkan jembatan besi. Menghanyutkan rumah warga, ternak, beras, pakaian dan beragam harta berharga milik masyarakat.

Untuk membantu meringankan beban warga korban banjir, Baznas Padang dan Baznas Pusat mendirikan dapur umum di lokasi banjir.

“Baznas menyiapkan bahan baku yang dimasak. Mulai dari beras, sayur hingga lauk pauk,” timpal Ketua Baznas Padang, H.Episantoso dan Wakil Ketua Baznas, H. Syafriadi Autid, dikutip dari humas, Selasa (06/11/2018).

Dapur umum Baznas ini akan dibuka beberapa hari kedepan. Dari pantauan dilokasi dapur umum Baznas, para ibu ibu dibantu seorang Pilisi Wanita (Polwan) bernama Yanti mereka bersama sama memasak nasi dan gulai. Termasuk goreng ikan dan jaring.

Kehadiran Polwan ini, memberikan warna tersendiri dikalangan ibu ibu yang sibuk memotong sayur, ikan dan kentang. Apa lagi Yanti memotong sayur memakai seragam polisi.

“Kami senang dengan bu Yanti. Walau dia Polwan, namun dia ramah dan mau membaur dengan kebanyakan ibu ibu korban banjir,” ulas sejumlah ibu ibu ketika ditanya kehadiran Polwan tersebut.

Disisi lain, terlihat para pemilik rumah sibuk membersihkan rumah mereka. Begitu pula warga yang mencuci pakaian mereka di pinggir kali yang airnya belum begitu jernih.

Pakaian yang telah dicuci mereka jemur dipinggiran kali. Bukan hanya pakaian, tikar dan barang berharga lain yang mereka bersihkan. Akan tetapi helm pun mereka bersihkan.

Para aparat TNI, Polisi, Dinas Sosial, dan kelompok masyarakat peduli korban banjir juga terlihat sibuk bekerja bersama membantu masyarakat. AWKAR

Baca juga:
BPBD Pessel Imbau Pengendara Waspada Pohon Tumbang dan Longsor Saat Hujan