Pantai Dikotori Sampah, Medi Iswandi: Masyarakat Suka Buang Sampah ke Sungai

Tumpukan sampah di sepanjang Pantai Padang, Selasa (09/10/2017)

Padangkita.com – Pemerintah kota Padang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang menyayangkan sikap masyarakat yang masih suka membuang sampah sembarangan khususnya ke sungai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Medi Iswandi mengatakan sampah yang dibuang masyarakat ke sungai tersebut akan terseret air dan terbawa arus menuju laut.

Seperti diketahui, ratusan ton sampah berserakan di sepanjang pesisir pantai Padang setelah hujan lebat yang mengguyur kota Padang beberapa hari lalu. Sampah-sampah tersebut mengotori pantai Padang yang menjadi ikon wisata kota.

Baca juga:
150 Ton Sampah Penuhi Kawasan Pantai Padang
2 Alat Berat dan 13 Truk Dikerahkan untuk Bersihkan Sampah Pantai Padang

Medi menambahkan bahwa sampah-sampah yang berserakan di kawasan pantai Padang tidak lepas dari kebiasaan buruk masyarakat.

“Ini karena budaya masyarakat yang masih suka membuang sampah sembarangan,” katanya kepada padangkita.com, Jumat (13/10/2017).

Dia menambahkan proses pembersihan kawasan pantai Padang yang dilaksanakan hari ini, Jumat (13/10/2017) dilakukan dengan mengerahkan sejumlah alat berat dan truk yang dibantu oleh sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selain itu, hari ini sejumlah petugas dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polri, Lantamal, dan para relawan bekerja sama membersihkan pantai Padang.

Sebelumnya, Laksma Agus Sulaeman, Dan Lantamal II Padang mengatakan kegiatan ini ditujukan untuk membersihkan material sampah dan mengantisipasi terjadinya kerusakan ekosistem laut akibat sampah.

“Ini sebagai upaya percepatan pembersihan sampah dari kawasan wisata andalan kota Padang,” katanya kepada padangkita.com, Jumat (13/10/2017).

Selain menerjunkan anggotanya, Dan lantamal II Padang juga mengerahkan aalat berat untuk membantu mempercepat proses pembersihan sampah-sampah tersebut.

Agus juga menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Karena sampah yang dibuang ke sungai akan dibawa arus ke laut. Selain itu juga menurutnya, membuang sampah ke sungai dapat mencemari lingkungan.

“Selain bisa mencemari lingkungan juga dapat merusak habitat dan ekosistem di sungai dan laut,” jelasnya.

sebelumnya, jumlah sampah yang bertebaran di sepanjang pesisir pantai Padang pasca 2 hari hujan lebat disertai badai yang mengguyur wilayah tersebut diperkirakan mencapai 150 ton.

(Aidil Sikumbang)

BAGIKAN