Pala Bada, Makanan Khas Pengunggah Selera

Pala Bada (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Selain dikenal dengan randangnya yang nikmat, Sumatera Barat masih memiliki beragam makanan tradisional dan khas, salah satunya adalah palai bada.

Palai Bada merupakan makanan terdiri dari campuran kelapa dan ikan teri ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk membangkitkan selera makan yang hilang. Atau bisa juga untuk anda yang ingin mengganti selera karena bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja.

Kartini, Penjual Palai Bada di kawasan Ampang, kota Padang mengatakan terdapat banyak jenis untuk palai bada ini di Sumatera Barat. Sementara itu, untuk jenis yang dijual oleh Kartini di warungnya hanya 3 jenis saja.

“Yang saya jual itu palai balado, palai karambia dan palai ikan asin palai bada,” katanya kepada padangkita.com.

Dalam satu hari Kartini mampu memasak dan menjual ratusan bungkus palai bada kepada para pelanggannya.  Keuntungan yang dihasilkan pun sangat menjanjikan. Dalam satu hari, kartini bisa meriah omset hingga ratusan ribu rupiah.

Palai sendiri merupakan makanan khas minangkabau dengan bahan utama parutan kelapa. Untuk memperkuat rasa , palai di campur dengan beragam bumbu seperti daun kunyit, daun serei, lengkuas, asam dan bumbu lainnya.

Palai yang sudah dimasukkan berbagai varian di bungkus daun pisang lalu di bakar di atas sabut kelapa. Pembakaran dilakukan sampai bungkusnya hangu, namun isi tetap terjaga. pembakaran ini mengasilkan aroma yang mengundang selera.

Para pelanggan Kartini tidak hanya dari warga sekitar, namun juga dari para perantau dari pekanbaru hingga jakarta. Mereka umumnya memilih palai bada untuk membangkitkan selera makan yang hilang.

Leni, penyuka pala bada mengatakan makanan khas dari ranah minang ini sangat enak. Bisa membangkitkan selera makan yang hilang.

“Inikan makanan tradisional. Kita kan jarang bikinnya, lalu beli disini. Makannya biasanya sama nasi dan sayur timun,” katanya. (Aidil ¬†Sikumbang)

Baca juga:
Pangek Sasau, Surga Terakhir Danau Singkarak