Padang Raih Adhikarya Pangan Nusantara

Kota Padang meraih penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara kategori Pembina Ketahanan Pangan tingkat Provovinsi Sumatera Barat. Penghargaan itu diserahkan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 di Kota Sawahlunto, Jumat (29/9/2017). (Foto Humas Pemko Padang)

Padangkita.com – Kota Padang kembali meraih penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara kategori Pembina Ketahanan Pangan tingkat Provovinsi Sumatera Barat. Penghargaan itu diserahkan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 di Kota Sawahlunto, Jumat (29/9/2017).

Tidak hanya itu, Padang juga meraih juara II untuk kategori Pemberdayaan Masyarakat. Penghargaan ini diperoleh kelompok Dasa Wisma Melati III Kelurahan Rawang Kecamatan Padang Selatan.

Walikota Padang diwakili Staf Ahli Dian Fakri, menerima penghargaan bergengsi untuk ketahanan pangan tersebut. Ini penghargaan kedua kalinya diraih Kota Padang untuk ketahanan pangan.

“Artinya, Pemko Padang telah mampu mempertahankan prestasi dalam menguatkan pangan masyarakat,” kata Dian Fakri usai naik panggung kehormatan.

Dian menambahkan, prestasi ini tidak serta merta membuat Pemko Padang berpuas diri, justru ini menjadi awal untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

“Pembinaan dalam mewujudkan ketahanan pangan masyarakat dan kedaulatan pangan nasional tentu tidak berhenti begitu saja dengan meraih prestasi ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Kota Padang Zalbadri mengatakan, Kota Padang telah meraih penghargaan serupa pada 2016 lalu. Tahun ini diharapkan dapat meraih penghargaan di tingkat nasional.

“Untuk itu, program-program peningkatan ketahanan pangan terus digalakkan. Baik melalui lomba cipta menu, maupun penberdayaan kelompok dasa wisma,” jelasnya.

Zalbadri menambahkan, pada peringatan HPS di Sawalunto ini juga diadakan Pameran Pangan dan Lomba Cipta Menu Non Beras dan Non Terigu. Kota Padang dibawah binaan Ketua TP PKK Ny. Hj. Harneli Bahar mengikuti lomba ini dengan menampilkan menu terbaik pada lomba cipta menu tingkat Kota Padang,”

“Kita berharap menu yang kita tampilkan pada lomba ini memperoleh juara pertama. Dan kita tentunya akan siap utk menyongsong lomba tingkat Nasional” imbuh Zalbadri.

Baca juga:
Tekan Harga Daging, Pemerintah Dorong Konsumsi Daging Beku Impor