Padang Pariaman Pastikan Venue Porprov Rampung September

Ilustrasi (Foto: ist)

Padangkita.com – Pemkab Padang Pariaman memastikan rehabilitasi sejumlah venue pertandingan untuk Porprov XV tahun 2018 bakal selesai pada September mendatang.

Tender untuk pekerjaan rehab venue dijadwalkan selesai 31 Maret, dan pekerjaan dimulai pada April mendatang.

Disamping itu juga akses jalan ke tempat venues pertandingan cabang olahraga yang dipertandingkan bakal mulus.

“Sesuai semangat Pak Bupati Padang Pariaman. Semua venues sudah selesai September. bupati juga menegaskan, tidak ada jalan ke tempat venues pertandingan di Padang Pariaman yang tidak mulus. Kita tidak ingin ada kendala dalam mobilitas ke tempat pertandingan,” ujar Sekda Padang Pariaman, Jonpriadi, Selasa (6/3/2018).

Untuk itu, ia meminta kepada Dinas PUPR Padang Pariaman untuk melengkapi anggaran pembenahan akses ke lokasi venue pertandingan atau anggaran pembenahan venue pertandingan pada APBD Perubahan, jika masih belum sempurna di APBD murni 2018.

Lebih lanjut Jonpriadi menyampaikan, kendala saat ini yang dihadapi adalah belum adanya kepastian Main Stadium kapan bisa dipakai. Namun hal itu sudah tidak dipermasalahkan lagi, karena sudah disiasati oleh Bupati Ali Mukhni.

“Main Stadium sedianya digunakan untuk acara pembukaan dan penutupan Porprov, serta atletik dan sepakbola. Jika tidak selesai, acara pembukaan kita laksanakan di lapangan terbuka Main Stadium. Sementara cabor sepakbola dan atletik kita pindahkan ke tempat lain,” rincinya.

Kendala lain kata Jonpriadi adalah akses jalan menuju Main Stadium di Sikabu Padang Pariaman masih satu jalan, yakni jalan masuk dari Pasar Lubuk Alung ke tempat lokasi Main Stadium itu sendiri.

“Ada satu lagi akses yang bisa dipergunakan ke Main Stadium melalui Sikabu. Hanya saja ada satu jembatan yang sedang rusak berat dan bakal dibangun pada Maret melalui dana BNPB, Namun Pemkab optimis pembangunan bisa selesai sebelum Porprov,” urainya.

Kendala selanjutnya adalah masih ada enam cabang olahraga yang masih belum ditetapkan tempat pertandingannya. Cabor itu adalah sepatu roda, sepak takraw, dayung, atletik, kriket, dan panjat tebing.

“Persiapan venue lain kita rasa sudah final persiapannya. Tinggal lagi akses ke venue lebih diperlancar, dan enam cabor tadi sedang kita cari lokasi venues yang tepat.  Mudah mudahan tidak ada kendala lagi dalam persiapan kita,” harap Sekda.

Kepala Dinas PUPR Padang Pariaman Muswendry Evytes menambahkan, dari DIPA yang sudah disahkan, semua pekerjaan perbaikan venue cabor maupun akses jalan ke lokasi venue selesai tender 31 Maret mendatang.

“Jika ada perubahan anggaran, itu yang akan kita sempurnakan kedepan. Kita juga sudah mendata rehab venue dan jalan ke tempat lokasi. Target kita September atau Oktober semua pekerjaan sudah kita selesaikan semua Setelah kita mendengar paparan tadi. Kita yakin iven Porprov akan berjalan lancar, karena  persiapan venue tidak ada kendala meski ada venue yang dibuat, direnovasi serta yang disewa,” paparnya.