Olahraga Berat dapat Perpanjang Umur?

Padangkita.com – Dari sejumlah penelitian menyebutkan bahwa olahraga berat ternyata dapat membuat seseorang lebih sehat, bugar dan memperpanjang umur.

Peneliti dari Pusat Pencegahan Penyakit Kronis James Cook University, Klaus Gebel menyatakan orang-orang yang melakukan olahraga yang lumayan berat seperti jogging, aerobik, atau olahraga berat lainnya memiliki angka kematian lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya berolahraga ringan.

Menurutnya, manfaat dari aktivitas atau olahraga berat tersebut akan dirasakan oleh seseorang dari segala usia dan total waktu yang dihabiskan menjadi aktif dan penuh kegiatan.

Dari penelitian menyatakan tidak masalah jika anda mengalami kegemukan (obesitas) atau tidak. Jika anda melakukan olahraga berat tersebut maka akan berdampak baik pada kesehatan anda, salah satunya dapat memperpanjang usia anda. Hal demikian juga berlaku pada anda memiliki riwayat  penyakit jantung atau diabetes.

Saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia mendesak orang dewasa untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas ringan atau 75 menit aktivitas berat setiap pekan.

Tetapi penelitian tersebut menyarankan agar orang-orang memilih beberapa olahraga dengan intensitas tinggi jika mereka bisa dan jika dokter mereka setuju.

Namun, bagi mereka yang memiliki riwayat medis, bagi orang tua pada umumnya, dan bagi mereka yang belum pernah melakukan aktivitas berat atau olahraga sebelumnya, penting untuk selalu berbicara dengan dokter terlebih dahulu.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap lebih dari 200.000 orang dewasa diatas usia 45 tahun di Australia dan dilakukan selama 6 tahun dan diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) Internal Medicine.

Baca juga:
Seniman Muda Sumbar, Sumut, dan Jambi Gelar Pameran di Taman Budaya