Nelayan Pessel Dibekali Aplikasi Online Tangkap Ikan

Nelayan menambatkan perahunya di tepi pantai Kawasan Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman karena cuaca buruk, Sabtu (2/12/2017). (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Ratusan para nelayan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) diberikan pemahaman aplikasi canggih Implementasi program Nelayan Go online melalui smartphone android oleh Kementrian Kominfo RI dan Kementrian Kelautan RI.

“Melalui aplikasi Nelayan Go Online ini, para nelayan akan mengetahui daerah menangkap ikan, kondisi cuaca, jenis ikan dan lainnya artinya, masyarakat nelayan tidak lagi mengalami kesulitan untuk mencari daerah sarang ikan beserta jenis ikannya, sedangkan ikan yang akan ditangkap harus berukuran besar,” kata Sekda Pessel Erizon, dikutip Padangkita.com, Jumat (16/3/2018).

Ia mengatakan,daerah perairan laut Pessel cukup luas dan kaya dengan berbagai jenis ikan, namun selama ini isi laut tersebut belum tergarap secara maksimal. Meskipun perkembangan teknologi telepon seluler sudah sampai kenelayan tepi, fasilitas ini juga belum dimanfaatkan secara maksimal.

Saat ini, katanya, terdapat sebanyak 18.000 orang nelayan tepi dengan penghasilan yang terbatas serta peralatan yang digunakan dalam menangkap ikan seadanya. Harapannya dengan mengunakan media internet ini diharapkan kendala sulitnya mendapatkan ikan besar oleh nelayan Pessel akan dapat teratasi.

Kementerian Kominfo berkalaborasi aktif dengan kementrian Kelautan dan Perikanan  mengembangkan aplikasi internet dalam upaya meningkatkan produktifitas di sektor prikanan.

Kemudian memberikan peluang pertumbuhan ekonomi masyarakat nelayan yang mandiri serta mempunyai daya saing tinggi.

Sementara itu, para penerima mamfaat nelayan Go Online tahun 2018 ini terdiri dari kelompok nelayan, koperasi nelayan serta pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan.

Baca juga:
Padang akan Terapkan Otomatisasi TPA Sampah