Nasrul Abit Terpilih Jadi Ketua Kwarda Pramuka Sumbar

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit (Foto: humas pemprov sumbar)

Padangkita.com – Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kwarda Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat periode 2017-2022 melalui rapat paripurna Musda Kwarda Pramuka Sumatera Barat, yang disampaikan Ketua presedium Maigus Natsir, Sabtu (2/12/2017) malam di Mercure Hotel Padang.

Dalam kesempatan itu Nasrul Abit menginginkan kwarda Pramuka Sumatera Barat mampu memberikan andil kontribusi nyata dalam memajukan pembangunan di Sumatera Barat.

“Untuk itu Kwarda,  Kwacab dan Kwarnas mesti terbangun koordinasi sinergitas yang baik, karena saya belum berpengalaman banyak tentang perkembangan memajukan pramuka,  mohon dukungan dan kerjasama oleh semua pihak, sehingga apa yang diinginkan bersama dapat diwujudkan,”  himbau Nasrul.

Ia juga menyampaikan beberapa pokok pikiran yang saat ini cukup mendesak sebagai keikutsertaan peran pramuka dalam pembangunan yaitu bagaimana pramuka ikut serta dalam pemberantasan narkoba yang telah merusak generasi muda di Sumbar dan bagaimana pramuka memberikan kontribusi dalam mengajak kawula muda tidak terjebak dalam prilaku pornografi, dan kejahatan lainnya.

Selanjutnya kata Wagub, pramuka tegas menolak terhadap prilaku LGBT di Sumbar, “Selain tidak cocok dengan adat dan budaya Sumatera Barat juga dapat mempengaruhi pembinaan kepemimpinan generasi bangsa yang sehat dan berwibawa,” ucapnya.

Nasrul menuturkan, Kwarda Pramuka Provinsi Sumatera Barat akan terus mendukung kegiatan Kwarcab kabupaten/kota yang melaksanakan kegiatan pramuka ikutserta dalam mengamankan komsumsi pangan masyarakat agar tumbuh masyakarat yang sehat,  cerdas dan terlindung dari makanan yang tidak sehat berdasarkan kerjasama dengan Balai Pengawasan Obat dan Makanan  (BPOM).

Kemudian dalam melakukan pengelolaan keuangan pramuka,  kita membentuk tim pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan kegiatan kwarda dan kwarcab dalam mendukung pelaksanan program anti korupsi didalam penyelenggaraan kegiatan pramuka di Sumatera Barat.

“Kita juga akan melibatkan inspektorat dalam pengawasan dan pembinaan pengelolaan keuangan ini. Agar pengelolaan keuangam kegiatan kepramukaan dapat akubtabel,  sehat dan terpercaya,” katanya.

Ia berpesan kepada setiap pengurus dan anggota untuk selalu terbuka dan berdiskusi sehat,  jika ada hal-hal yang bertentangan pendapat agar dimusyawarakan,  dicarikan solusi pemecahannya,  jangan ada sampai kemedia,  atau facebok media sosial yang berdampak tidak baik.

Baca juga:
Jadi Begal, Pelajar di Padang Ditangkap Polisi

Bicarakan dan diskusikan secara terhormat, harga diri dan menjaga wibawa organisasi bagian dari perjuangan untuk membangunan kebaikan daerah,  serunya.

Dalam kesempatan itu Kakak Nasrul Abit juga menyampai tim formatur, ketua formatur Nasrul Abit,  Anggota Ariwal Boy, Maigus Natsir,  Yulius, dan Ali Asmar. Dan tim formatur besok hari akan segera melakukan pembahasan kepengurusan,  program kerja dan lain-lain, dengan motto: “lebih cepat lebih baik”