Mudahkan Pengunjung, Pessel Kembangkan Aplikasi “Celok”

Aplikasi Cek Lokasi milik Pesisir Selatan (Foto: Humas)

Padangkita.com – Bagi anda yang ingin berkunjung ke Pesisir Selatan (pessel) dan ingin mengetahui banyak sejumlah lokasi penting di daerah ini cukup mengunduh aplikasi berbasis android.

Dinas Komonikasi dan Informatika Pesisir Selatan meluncurkan aplikasi cek lokasi dengan nama “Celok”. Aplikasi ini bisa diunduh di http://play.google.com/store/apps/details?id=com.konsultan.kominfo.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni mengatakan aplikasi ini dikembangkan guna memudahkan masyarakat yang berada di Pessel mengetahui dimana saja lokasi lokasi penting didaerah ini.

“Warga tidak perlu lagi pusing, sebab dengan mengunduh aplikasi ini mereka bisa mengetahui pasti dimana lokasi yang mereka butuhkan, kita berharap program ini bisa membantu masyarakat nantinya,” ujarnya dilansir dari humas, Selasa (10/10/2017).

Menurutnya, dalam aplikasi ini pengguna bisa mengetahui dimana lokasi terdekat dari warga seperti lokasi rumah sakit, puskesmas, ATM,Hotel, Rumah Makan, wisata, dan lain lainnya .

Pemakaian nama Celok ini menurut Hendrajoni memiliki makna yang dalam dimana Celok dalam bahasa Minang adalah Kakak Perempuan. Dan dalam kehidupan masyarkaat Minang Perempuan adalah perwujudan ibu tempat berkeluh kesah dan bertanya.

“Maka tepat pemakaian nama Celok sebagai ungkapan kakak perempuan yang cantik sama seperti Kabupaten Pessel Negeri Sejuta Pesona yang cantik,” ujarnya

Ditambahkannya Kabupaten Pessel sebagai Kabupaten yang memiliki banyak lokasi Wisata yang setiap harinya terutama libur sekolah ramai dikunjungi oleh wisatawan Dan wisatawan tersebut membutuhkan dimana lokasi lokasi, berapa jarak dari mereka.

“Selama ini wisatawan banyak yang kesulitan karena mereka tidak mendapatkan imformasi secara rinci lokasi dan pasilitas pasilitar yang mereka butuhkan ketika mereka berkunjung ke Pessel,” ujarnya