Mentawai akan Gelar Festival Panah Tradisional

Pamflet Festival Panah Tradisional Mentawai (Sumber Foto: FB Mentawai Festival)

Padangkita.com – Pemerintah Kabupaten Mentawai akan menggelar Festival Panah Tradisional Mentawai pada 26-28 Juli 2017 mendatang. Acara ini akan digelar di Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan.

Festival ini merupakan kegiatan pertama kalinya digelar dan rencananya panahan tradisional Mentawai akan masuk dalam salah satu cabang olahraga pada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Tokoh pemuda Mentawai, Esmat mengatakan Festival Panah Tradisional Mentawai ini digelar untuk memperkenalkan lebih dalam tentang budaya mentawai. Khusus tentang panah.

“Festival ini untuk memperkenalkan budaya khas Mentawai kepada masyarakat luas,” tulisnya ddalam rilis yang diterima Padangkita.com, Jumat (14/07/2017).

Dalam iven ini, pengunjung akan diajarkan cara menggunakan panah, melihat langsung proses meracik racun serta melihat prosesi berburu.

Tidak hanya itu dalam festival ini akan ditampilkan kesenian tradisional yang jarang ditampilkan selama ini, seperti tari turuk langgai.

“Banyak acara yang akan ditampilkan dalam festival kali ini, jadi bukan hanya memanah saja,” lanjutnya.

Bagi anda yang tertarik dengan budaya dan tradisi Mentawai, atau ingin melihat langsung panah beracun yang asli, silahkan datang ke Pulau Siberut Mentawai tanggal 26-28 Juli 2017.

Pengunjung juga bisa membawa pulang panah beracun replika sebagai aksesoris oleh-oleh bagi teman atau keluarga.

 

 

BAGIKAN