Menanti Wisatawan Korsel Serbu Mandeh

Wisatawan sedang menikmati keindahan Teluk Mandeh dari Puncak Mandeh. (Foto: Dok. PadangKita)

Padangkita.com – Sebanyak 11 orang Wisatawan asal Seoul Korea Selatan akan kunjungi Kawasan Mandeh pada Rabu (8/5/2018) pekan depan . Kunjungan ini rangkaian dari kegiatan Familiarization Trip di Sumatera Barat .

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan Mawardi Roska mengungkapkan kegiatan itu adalah kerjasama antara Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul Korea Selatan dengan Maskapai Garuda Indonesia perwakilan Korea Selatan .

Dimana akan hadir 11 orang yang terdiri dari 4 orang jurnalis, 4 orang Travel Agent/Tour Operator beserta 1 orang pendamping dari KBRI dan 2 orang dari Garuda Indonesia .

Kegiatan Familiarization ini dilaksanakan dari Sabtu (5/5) sampai Rabu (9/5) ,dimana beberapa Kawasan Wisata di Sumbar dikunjungi diantaranya Kota Padang, Lawang, maninjau, Bukittingi, Harau , Kelok 99, Pagaruyung dan Kawasan Mandeh .

“Kita apresiasi kunjungan warga Asing Ini ke Kawasan Mandeh ,Sebab dengan kunjungan ini meningkatkan promosi Kawasan Mandeh hingga tingkat Internasional,” ujarnya.

Nantinya para wisatawan itu akan dibawa keliling Kawasan Mandeh diantaranya Pulau Setan , Sironjong Ketek ,Sei Gemuruh, Hutan Mangrove dan kawasan lainnya.

“Kita berharap dengan kunjungan ini akan semakin banyak wisatawan asing datang ke Kawasan Mandeh hendaknya,” katanya.

Wisman

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar merangkum kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke daerah itu per Maret 2018 mengalami peningkatan.

Kepala BPS Sumbar Sukardi mengatakan kontribusi rute Padang – Singapura yang dioperasikan sejak Februari lalu, sudah mulai tampak dengan peningkatan kunjungan wisman ke daerah itu yang naik 13,41 persen dari bulan sebelumnya.

“Ada dampaknya, per Maret ini ada kenaikan 13,41 persen dibandingkan bulan sebelumnya,” kata Sukardi, Kamis (3/5/2018) lalu.

Bahkan untuk wisawatan asal Singapura terjadi peningkatan hingga 48,76 persen dari 363 wisman di bulan Februari menjadi 540 wisman per Maret ini. Jika dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, kenaikannya mencapai 5.300 persen.

Secara keseluruhan, kunjungan wisman ke Sumbar mencapai 5.057 orang atau naik 13,41 persen dari bulan Februari yang hanya 4.459 orang, dan naik tipis 1,3 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 4.992 orang.

Baca juga:
Serunya Pijatan Air Terjun, di Ujung Timur Kota Padang

Data BPS juga merangkum bahwa wisman yang paling banyak mengunjungi Sumbar masih didominasi wisatawan asal Malaysia, Singapura, Australia, Amerika Serikat, Inggris, India, Jepang, Tiongkok, Filipina, dan Jerman.