Memperingati Perayaan HUT RRC di Kota Padang

Surat permohonan izin pelaksanaan HUT RRC di Padang (Foto: Repro Padangkita.com)

Padangkita.com – Hari ulang tahun (HUT) Republik Rakyat China (RRC) yang jatuh pada 1 Oktober ternyata pernah diperingati warga etnis Tionghoa di Kota Padang. Hal itu terungkap dari beberapa arsip surat yang dikirim Walikota Padang Dr. Rasidin kepada Gubernur Provinsi Sumatera Tengah di Bukittinggi pada Oktober 1950.

Permohonan izin perayaan HUT RRC ini diajukan oleh organisasi keturunan Tionghoa, Chung Kuo Kuo Min Tang kepada Walikota Padang pada 7 Oktober. Kegiatan yang dilaksanakan dalam perayaan tersebut, yaitu upacara peringatan yang diadakan pukul 10.00 di gedung Ying Shih Middle School dan perjamuan para anggota makan pada pukul 18.30 di tempat yang sama.

Permohonan tersebut dikabulkan Walikota Padang dalam surat bertanggal 10 Oktober 1950 yang ditujukan kepada Dewan Pimpinan Pusat Chung Kuo Kuo Min Tang Sumatera Barat. Walikota tidak berkeberatan dengan kegiatan tersebut, tetapi dengan sejumlah persyaratan yang mesti dipenuhi. Salah satunya adalah kegiatan tersebut harus dilakukan secara tertutup dan tidak diperbolehkan mengibarkan bendera RRC.

Berikut penggalan isi suratnya:

Membalas surat tuan tgl. 7 Oktober 1950 dengan ini dichabarkan bahwa saja tidak berkeberatan Chung Kuo Kuo Min Tang merajakan Hari Peringatan Kebangsaan Tiongkok pada tgl. 10 Oktober 1950, dengan:
a. meadakan upatjara peringatan djam 10 pagi bertempat di gedong Ying Shih Middle School.
b. Meadakan perdjamuan minum makan, djam 6.30 sore digedong sekolah tsb. dengan sekalian anggota,
dengan ketentuan bahwa pertemuan jtsb. pada a dan b. mestilah dilakukan dengan sifat rapat tertutup dan tidak mengibarkan bendera.

Surat balasan Walikota Padang untuk perayaan HUT RRC (Foto: Repro Padangkita.com)

Pada tanggal yang sama walikota juga membalas surat dari Gubernur Provinsi Sumatera Tengah yang meminta walikota untuk melaporkan kegiatan perayaan HUT RRC. Walikota melaporkan bahwa kegiatan perayaan HUT RRC dalam penjagaan pihaknya dan berjalan dengan aman dan tentram.

Adapun penggalan suratnya sebagai berikut:

Membalas surat sdr. No. 1986/G.R. tgl. 7 Oktober 1950 dengan ringkas dichabarkan, bahwa perajaan hari ulang tahun R.R.T. tgl. 1-10-1950 di Padang adalah dalam pendjagaan dan berdjalan dengan tentram sadja.

(J. Sastra)

BAGIKAN