Manfaatkan Batok Kelapa jadi Cinderamata Khas Pessel

Padangkita.com – Beragam kerajinan dapat dihasilkan dari pohon kelapa. Salah satunya dari batok (tempurung) kelapa yang bisa diolah menjadi bahan kerajinan yang unik dan bisa mendatangkan penghasilan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan (Pessel) Mawardi Roska mengatakan pessel memiliki potensi yang besar untuk membuat kerajinan atau olah-oleh dari bahan baku tempurung kelapa. Hal tersebut mengingat kawasan Pessel berada di sepanjang pantai dan memiliki banyak pohon kelapa.

Menurutnya, selama ini kelapa hanya di ambil buahnya untuk dijadikan santan atau diolah menjadi minyak. Dan tempurung nya hanya dijadikan bahan bakar saja. Padahal, tempurung dapat diolah menjadi aneka kerajinan yang memiliki nilai tinggi seperti aneka kerajinan lampu ,asbak rokok,mainan kunci dan lainnya .

“Jika dikemas lebih baik olahan tempurung ini bisa menjadi komoditi andalan dan cendera mata bagi wisatawan. Dan bisa dijadikan oleh oleh khas Pessel nantinya,” katanya dikutip dari pesisirselatankab, Senin (05/03/3018).

Dirinya berharap bahwa masyarakat bisa mengembangkan usaha ini karena dapat memberikan manfaat positif bagi mereka.

“Kita dari dinas akan coba untuk membantu memasarkan dan memberikan pembinaa. Kedepannya sehingga olahan tempurung bisa menjadi sovenir dari Pessel,” lanjutnya.

Kepada pengrajin, Mawardi berharap mereka dapat mengembangkan usahanya ini lebih serius dan lebih profesional lagi sehingga kedepannya bisa menjadi komoditi dan usaha utamanya dalam mendapatkan uang .