LP3M UNP Gelar Simulasi Mengajar Bagi 815 Calon Guru

Salah satu gedung fakultas di Universitan Negeri Padang. (Dok, unp.ac.id)

Padangkita.com – Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Simulasi Mengajar bagi para calon guru di 72 sekolah di Kota Padang.

Kepala Pusat PPL LP3M UNP, Waskito, mengatakan Simulasi mengajar yang melibatkan 815 calon guru tersebut dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2017 dan berakhir 9 Desember 2017.

“Simulasi mengajar ini diikuti oleh 815 calon guru,” kata Waskito di Padang, Selasa (22/08/2017).

Simulasi calon guru ini bertujuan untuk mendukung mahasiswa UNP menghadapi mata kuliah microteaching dan simulasi mengajar lainnya saat berada di kampus dan membandingkan dengan kondisi nyata di sekolah.

“Tentu banyak sekali hal yang berbeda. Ekspektasi yang dipikirkan kadang tidak sesuai dengan realita di lapangan,” lanjutnya.

Menurutnya simulasi mengajar ini dilaksanakan oleh LP3M UNP bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat.

Waskito juga mengungkapkan mahasiswa sebagai calon guru harus praktek terlebih dahulu sebelum nantinya terjun menjadi guru. Sehingga mahasiswa diharapkan bisa mengkondisikan hal-hal yang berbeda tersebut supaya proses belajar mengajar di kelas tetap berjalan lancar.

“Mulai dari jumlah siswa, penataan ruangan, tingkat kemampuan dan tingkah laku siswa tentu sangat berbeda. Nah, intinya, dengan adanya PPL ini, mahasiswa diharapkan bisa beradaptasi,” ujar Waskito.

Setelah melakukan perkenalan kepala sekolah dengan para calon guru, mahasiswa UNP yang mengikuti PPL itu mendapat arahan langsung dari para kepala sekolah.

Baca juga:
Tradisi Unik, Hewan Kurban Dirias Sebelum Disembelih