Liga 3 Dihelat, Sumbar Diwakili Dua Klub

Liga 3 Indonesia

Padangkita.com – Dua klub sepakbola asal Sumatera Barat akan ambil bagian dalam Liga 3 Indonesia yang akan mulai digelar bulan ini. Kedua tim tersebut, yaitu pemuncak Liga 3 wilayah Sumatera Barat Batang Anai FC dan PES Pessel.

PES Pessel akan memulai perjalanannya di kompetisi kasta ketiga tingkat nasional ini dari babak playoff, sedangkan Batang Anai FC langsung berlaga di putaran final.

Sebagaimana dikutip dari laman PSSI pengundian grup untuk babak playoff dan putaran final telah digelar PSSI, Selasa (14/11/2017) kemarin, di Jakarta. PES Pessel tergabung ke dalam grup 3 yang akan digelar di Stadion Kebon Dalem Kendal dan akan berhadapan dengan Patriot Candrabhaga dan Gajah Mada FC.

Sementara itu, Batang Anai FC tergabung dalam grup D bersama Deltras Sidoarjo, Persebit Bitung, dan juara playoff grup 4. Pertandingan di grup ini juga akan digelar di Stadion Kebon Dalem Kendal.

Penentuan peserta Liga 3 dilakukan oleh PSSI berdasarkan aspek penyelenggaraan dan pengembangan sepakbola di provinsi masing-masing. Jawa Timur merupakan provinsi yang mendapatkan apresiasi tertinggi dengan empat tim yang langsung mengikuti putaran final.

Kompetisi amatir tertinggi di Indonesia ini diprediksi akan menghadirkan banyak kejutan karena diikuti oleh tim terbaik dari kompetisi di daerah masing-masing. Selain itu, dengan adanya regulasi memainkan pemain usia di bawah 25 tahun plus lima pemain maksimal berusia 30 tahun akan membuat persaingan lebih merata.

Pertandingan Liga 3 akan digelar di empat Stadion di wilayah Jawa Tengah, yakni Stadion Citarum Semarang, Stadion Kebondalem Kendal, Stadion Wergu Wetan Kudus, dan Stadion Bumi Kartini Jepara.

Babak playoff akan dilangsungkan pada 26–29 November 2017 dan diikuti oleh 24 tim yang terbagi ke dalam delapan grup. Tiap-tiap juara grup akan mendapat tiket ke putaran final yang akan diikuti oleh 32 tim dan dilangsungkan pada 3-17 Desember mendatang. Tiga tim teratas akan mendapatkan tiket promosi ke Liga 2 musim depan.

Baca juga:
Ini Alasan Syafrianto Rusli Mainkan Fridolin Kristof Yoku