Lebaran di Padang? Ini Lima Titik Keramaian Yang Perlu Diketahui

Sejumlah wisatawan berdatangan ke Kawasan Pantai Padang (15/4/2017), guna mengisi libur panjang akhir pekan. (Foto  Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Kota Padang dipastikan menjadi salah satu tujuan utama perantau yang pulang kampung lebaran tahun ini. Diperkirakan lima titik bakal diramaikan perantau.

Apa saja titik keramaian saat lebaran nanti? Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi memperkirakan kelima titik itu yakni Pantai Padang, Pantai Air Manis, Bungus, Taman Hutan Raya Bung Hatta, serta Transmart.

“Keramaian akan terjadi mulai 27 Juni hingga 2 Juli,” sebutnya, seperti dikutip dari rilis Pemko Padang di facebook Humas Pemko Padang, Selasa (20/6).

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa arus kunjungan ke Kota Padang akan jauh meningkat pada lebaran kali ini.

Menurutnya, faktor pendorong meningkatnya kunjungan tersebut diantaranya adalah faktor investasi dan pembenahan yang dilakukan di Kota Padang. Ditambah lagi adanya budaya pulang kampung bersama perantau setiap moment lebaran.

“Untuk persiapan lebaran kita koordinasikan dengan pihak terkait,” kata Mahyeldi.

Lebaran yang tinggal menghitung hari, diperkirakan erantau telah berkemas-kemas untuk segera pulang ke Padang. Pemerintah Kota Padang pun telah bersiap menunggu kedatangan pemudik.

‘Pulang basamo’ merupakan tradisi yang selalu dilakukan para perantau di setiap tahunnya. Dengan memanfaatkan kendaraan yang dimiliki, para perantau pulang ke kampung halaman secara berkonvoi. Tak bisa dipungkiri jika arus kendaraan meningkat dari hari biasa.

Perantau pun tak sabar untuk lekas tiba di kampung halaman. Bertemu dengan sanak saudara dan handai taulan untuk bermaaf-maafan di hari nan fitri. Bahkan tak jarang ada yang sengaja lebih dulu bertolak ke kampung halaman agar tidak terjebak macet di perjalanan.

Sehingga sempat merasakan berpuasa agak beberapa hari di penghujung Ramadan bersama keluarga di kampung.

Seperti diakui Yulhasmi. Perantau Padang asal Kemayoran, Jakarta ini menyebut bahwa dirinya sengaja lebih cepat pulang ke Padang. Dirinya bersama istri dan dua anaknya menggunakan mobil pribadi untuk mudik ke kampung halaman.

“Kami sudah sampai di Padang pada Senin (19/6) pagi. Sengaja cepat pulang karena takut terjebak macet di jalan,” kata pengusaha yang tinggal di Lubuk Buaya, Padang ini.

Baca juga:
Antisipasi Kemarau, Petani di Sumbar Disarankan Tanam Palawija

Lelaki yang akrab disapa Yul ini menyebut bahwa dirinya sudah dua tahun tidak pulang ke Padang. Yul mengatakan bahwa di perantauan sana dirinya hanya bisa mendengar perubahan Kota Padang tanpa bisa melihat langsung.

Yul mengaku keinginannya pulang ke Padang semakin menggebu setelah tahu bahwa Pantai Padang sudah jauh lebih ‘rancak’.

“Begitu tiba di Padang saya langsung ajak keluarga ke Pantai Padang, memang luar biasa,” ungkapnya.

Hal hampir serupa diungkapkan Fauzan. Lelaki yang merantau ke Jakarta sejak tahun 2005 ini menyebut bahwa dirinya sudah memesan tiket pesawat untuk bisa mudik ke Padang. Fauzan yang sudah empat tahun tak pulang ke Padang mengaku rindu kampung halaman.

“Dapat tiket ke Padang sehari sebelum lebaran,” katanya.

Fauzan berdomisili di Jakarta Pusat. Lelaki satu puteri ini tak ingin kehilangan momen berlebaran dengan sanak saudaranya di Balai Baru.

“Sudah lama tak pulang, kabar dari medsos yang saya baca setiap hari, Padang sudah bagus. Jadi penasaran,” ungkapnya.