Langkah Pertamina Demi Kelancaran Pasokan BBM dan LPG di Sumbar Hingga Lebaran

Truk angkut minyak pertamina (Foto: pertamina)

Padangkita.com – Pertamina melakukan serangkaian upaya agar pemenuhan BBM dan LPG 3 kg di masyarakat Sumatera Barat (Sumbar) dapat terlayani dengan baik selama Ramadan dan Idul Fitri (lebaran).

Area Manager Communication and Relation Sumbagut, Fitri Erika menjelaskan, upaya tersebut antara lain dengan membentuk Tim Satgas dan Posko Pemantauan Distribusi BBM di Kantor Pertamina dan Lokasi TBBM , Depot LPG dan DPPU pada tanggal 10 juni 2017 dan berakhir pada tanggal 10 juli 2017.

Kemudian, melakukan penambahan waktu operasional di TBBM, Depot LPG, DPPU , SPPBE dan agen LPG. Menyiapkan kantong SPBU di wilayah jalur mudik dan wisata.

“Pertamina juga menyiapkan SPBU yang buka 24 Jam di wilayah jalur mudik dan wisata,” kata Erika.

Pihaknya pun menyiagakan armada mobil tangki. Menunjuk agen dan pangkalan siaga dengan memaksimalkan SPBU dan modern retail outlet. Memasang spanduk ketersediaan LPG dan harga di agen dan pangkalan siaga (termasuk SPBU).

Lalu, sambung Erika, berkoordinasi dengan instansi terkait untuk antisipasi pengalihan jalur lalu lintas untuk armada berat, dengan menyiapkan stiker ”Angkutan Lebaran” untuk armada angkutan LPG (skid maupun truk Agen) sehingga tetap mendapat prioritas akses ke jalur-jalur tertentu.

Hal yang paling substansi tentu saja menjaga  stok dan pasokan  BBM, LPG dan Avtur di setiap TBBM, Depot LPG dan DPPU.

Untuk hal ini, Erika mengatakan untuk LPG 3 kg di Sumatera Barat, ada penambahan 11 persen dari normal.

“Penambahan pasokan LPG 3 kilogram di Wilayah Sumatera Barat  10.000 tabung perhari, dari normalnya 91.600 tabung perhari menjadi 101.600 tabung perhari  atau 11 persen dari normal. Pelayanan LPG 3 Kg melalui 90 agen dan 2.400 pangkalan LPG 3 kg,” ungkapnya.

Sementara untuk memenuhi  kebutuhan bahan bakar penerbangan di Depot  Pengisian Pesawat Udara Minangkabau,  Pertamina memprediksi terjadi peningkatan sebesar 19 % dari normal karena adanya penambahan penerbangan untuk layanan mudik dan arus balik.

“Dari normalnya penyaluran 118 kiloliter perhari diprediksi akan  menjadi 140 kiloliter,” bilangnya.

Pertamina sudah menyiapkan penambahan stok serta kehandalan sarana dan fasilitas juga tim yang standby .

Baca juga:
Waspada Penipuan! Honorer K2 Diminta Tidak Percaya Rumor

Selain itu, Pertamina MOR I memprediksi penyaluran Premium pada masa satgas di Sumatera Barat diperkirakan naik sebesar 5% yaitu dari rata-rata normal harian sebesar 1.204 kiloliter menjadi 1.262 kiloliter. Sedangkan utk produk Pertalite akan meningkat sebesar 17% dari 732 kiloliter menjadi 855 kiloliter.

Untuk produk Pertamax diperkirakan akan mengalami peningkatan konsumsi 22% dari normalnya 128 KL perhari menjadi 155 KL. Sedangkan produk Solar diprediksi turun sebesar 4% dari 1.057 kiloliter menjadi 1.010 kiloliter.

Pasokan BBM ke masyarakat di Sumatera Barat disuplai dari Terminal BBM di Teluk Kabung melalui 114 SPBU.

Untuk kecepatan pelayanan penambahan konsumsi BBM di wilayah Sumatera Barat, Pertamina menyediakan Kantong BBM atau mobil tangki yang bermuatan BBM  antara lain di SPBU :
·       14.264.568 Jl. Padang Bukittinggi Kabupaten Agam
·       14.261.537 Jl Jend Sudirman Tarok, kota Bukittinggi
·       14.261.532 Jl. Raya Gadut kota Bukittinggi
·       14.261.580 Jl. Raya Bukittinggi Payakumbuh km 15
·       14.262.543 Desa Balai Panjang, Payakumbuh

Untuk mendukung konsumen setia yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan aman dan nyaman, Pertamina  menghadirkan  “ Serambi Pertamax”  di 2 SPBU antara lain :
·       14.261.580 Jl Raya Bukittingi Payakumbuh km 15
·       13.262.511 Jl. Jorong Air Putih Nagari Sarilam, Kab Lima Puluh Koto

Serambi Pertamax ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang terdiri dari area ibadah, area istirahat, area bermain anak, toilet, area makan, charging area, serta akses ineternet gratis

“Jika ada keluhan dan informasi terhadap layanan dan produk Pertamina dapat menghubungi Contact Pertamina 1-500-000,” pungkas Erika.