Kendalikan Pencemaran Udara, Pemko Padang Gelar Uji Emisi Kendaraan

Wakil Walikota Padang, Emzalmi. (Foto; Humas Pemko)

Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Padang menggelar uji emisi bagi kendaraan bermotor roda empat bekerja sama dengan pihak terkait di pelataran parkir Taman Makam Pahlawan (TMP) Lolong, Padang, Selasa (09/05/2017).

Uji emisi ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Padang dalam mengendalikan pencemaran udara telah tampak dan dirasakan bagi Kota Padang sejauh ini.

Wakil Walikota Padang, Emzalmi mengatakan, salah satu upaya dalam mewujudkan komitmen tersebut yaitunya melalui pengujian emisi bagi kendaraan bermotor roda empat secara berkala dan berkesinambungan.

“Uji emisi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat emisi gas buang setiap kendaraan di samping menganalisis dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memelihara kendaraannya demi meminimalisir polusi udara di Kota Padang,” katanya seperti dilansir dari laman facebook pemko Padang.

Wawako juga mengimbau, diharapkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Padang dan masyarakat untuk ikut menguji emisi gas buang kendaraannya.

“Uji emisi ini sangat penting demi mengetahui kondisi kendaraan kita. Sehingga tidak termasuk menjadi pencemaran udara di kota ini,” ujar Emzalmi sembari melakukan uji emisi kendaraan dinasnya dengan hasil lulus uji tersebut.

Sementara itu, Kepala DLH Padang Al Amin menyebutkan, uji emisi kali ini dilaksanakan selama dua hari Selasa-Kamis (9-10/5) di dua titik lokasi dengan menarget sebanyak 600 kendaraan yang diuji. Dimana lokasi pertama di pelataran parkir TMP Lolong dan dilanjutkan esoknya di area parkir depan Bank nagari jalan By Pass Km 10 Sungai Sapih.

“Untuk itu kita berharap, agar seluruh warga Kota Padang bisa membawa kendaraannya untuk melakukan uji emisi ke lokasi pengujian. Kegiatan ini gratis dan perlu diketahui bukan razia, karena bagi pemilik kendaraan yang lulus uji akan diberikan stiker tanda lulus uji dan bagi yang tidak lulus akan kita berikan sosialisasi secara ramah terkait pentingnya merawat kendaraan secara berkala,” tukasnya.