Kenali Posisi Tidur yang Baik bagi Tubuhmu

Padangkita.com – Tidur merupakan suatu kewajiban bagi manusia dengan kurun waktu enam hingga delapan jam per hari. Tidur diperlukan untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh tertentu dan tidur dibutuhkan untuk pertumbuhan bagi anak-anak.  Sebab tidur bermanfaat untuk regenerasi sel.

Selain itu, tidur juga bermanfaat untuk memperbaiki sistem metabolisme dan meningkatkan memori, sistem imun, kreatifitas, dan konsentrasi.

Di sisi lain, tidur dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu, nyeri punggu dan leher misalnya. Hal ini dikarenakan posisi tubuh yang salah atau terjepit saat tidur.

Agar tidurmu tidak meninggalkan rasa sakit di tubuh, berikut beberapa posisi tubuh yang baik saat tidur dirangkum dari berbagai sumber.

Pertama, tidur dengan posisi tubuh miring ke kanan. Mengapa ke kanan? karena jika tubuh miring ke kiri dapat mempengaruhi kerja jantung sebab terbebani oleh berat badan. Padahal, jantung berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Sehingga tidur dengan posisi tubuh miring ke kiri lambat laun akan mempengaruhi kesehatan jantung. Idealnya posisi tubuh miring sama dengan posisi janin dalam kandungan.

Kedua,  tidur dengan posisi tubuh miring dengan menjepit bantal di lutut. Bantal tersebut berfungsi untuk menopang pinggul dan tulang belakang berada pada posisi yang baik.

Ketiga, tidur dengan posisi tubuh miring sambil kaki meringkuk. Perlu diingat, kaki diringkuk ke arah dada dengan posisi punggung cenderung luruh. Hal ini bertujuan untuk menghindari nyeri pada punggung.

Keempat, tidur dengan posisi tubuh terlentang bermanfaat untuk keseimbangan posisi dan berat badan serta mampu meningkatkan keselarasan organ-organ dalam tubuh. Tidur dengan terlentang akan lebih baik jika tidak menggunakan bantal karena pada saat itu, tubuh dalam keadaan netral.

Posisi tidur terlentang mampu menjaga kecantikan wajah dan mencegah pengenduran pada payudaya.

Meski demikian, tidur dengan posisi tubuh terlentang tidak baik bagi mereka yang suka mendengkur karena dapat memperkeras suara dengkuran.

Kelima, tidur dengan posisi tubuh tengkurap. Posisi tidur ini cocok bagi mereka yang suka mendengkur saat tidur. Dengan posisi tengkurap, suara dengkuran berkurang karena saluran udara atas terbuka sehingga sirkulasi udara lebih lancar.

Baca juga:
Daripada Dimakan, Ekowisata Penyu Lebih Menjanjikan