Kementerian PU-PR Kucurkan Rp18 Miliar Bangun Rusunawa di Painan

Gerbang memasuki Kabupaten Pesisir Selatan dari Padang (Foto: twitter anakanakminang)

Padangkita.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengucurkan anggaran Rp18 miliar untuk membangun Rumah Susun Sederhana Sewa atau Rusunawa di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan pada 2018.

“Kegiatan pembangunan Rusunawa masuk tahap lelang dan pengerjaannya ditarget tuntas tahun ini,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Pesisir Selatan, Mukhridal di Painan, Kamis (05/03/2018) dikutip dari pesisirselatankab.

Ia menjelaskan Rusunawa tersebut akan dibangun tiga tingkat di lahan seluas tiga ribu meter persegi yang disiapkan oleh pemerintah kabupaten setempat.

“Khusus lahan telah kami sediakan dan juga telah ditinjau oleh pejabat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” sebutnya.

Di Rusunawa itu nantinya akan terdapat 42 unit hunian dan di masing-masingnya terdapat dua kamar atau bertipe 36.

Setelah selesai maka pemerintah kabupaten setempat segera mengurus dokumen hibah kepemilikannya dari pusat ke daerah.

Selanjutnya, dibentuk pengelola dan pengelola akan membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin menempatinya dengan sistem sewa.

“Selain bagi ASN yang belum memiliki rumah pribadi, Rusunawa juga diperuntukkan bagi masyarakat umum. Teknisnya nanti akan ditentukan pengelola yang ditunjuk, termasuk besaran hingga waktu penyewaan,” ungkapnya.

Ia menambahkan pemerintah kabupaten setempat telah menyepakati setelah Rusunawa itu selesai maka akan dipopulerkan dengan nama apartemen sehat.

Hal tersebut dimaksudkan agar terkesan lebih modern dan juga dimaksudkan supaya penghuninya termotivasi mewujudkan lingkungan yang bersih serta sehat.

“Idealnya kedepan memang begitu selain akan berdampak baik terhadap penghuninya juga karena lokasinya yang berada di ibukota dan berdekatan dengan objek wisata Pantai Carocok yang merupakan andalan pemerintah kabupaten,” katanya lagi.