Kemendes Anggarkan Dana Kembangkan Objek Wisata Pantai Batu Puti Indah

Gerbang memasuki Kabupaten Pesisir Selatan dari Padang (Foto: twitter anakanakminang)

Padangkita.com – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengalokasikan anggaran Rp320 juta dalam mendukung pengembangan objek wisata di Nagari Api-Api, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan pada 2018.

“Di Api-Api terdapat objek wisata Pantai Batu Puti Indah, di lokasi terdapat pantai berpasir putih yang landai serta dipercantik dengan pemandangan pulau karang yang kira-kira hanya berjarak sekitar 30 meter dari bibir pantai,” kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dikutip dari pesisirselatankab, Jumat (28/09/2018).

Ia menambahkan, alokasi anggaran dari pemerintah pusat diperuntukan untuk membangun jalan lingkar guna memperlancar akses masuk wisatawan ke lokasi serta membangunan toilet umum.

Khusus jalan lingkar dianggarkan Rp190 juta sementara untuk pembangunan toilet umum dianggarkan Rp130 juta, pembangunannya sudah berlangsung sejak Agustus 2018.

Sementara itu, Wali Nagari Api-Api, Aziyul Nafri menyebutkan sesuai informasi yang diterima dari kontraktor, proyek tersebut diperkirakan selesai pada Oktober 2018.
“Mudah-mudahan dengan selesainya pembangunan  sarana dan prasarana objek wisata Pantai Batu Puti Indah semakin banyak dikunjungi wisatawan,” ujarnya.

Ia mengungkap, setelah semuanya terlaksana sesuai rencana pengelolaan objek wisata Pantai Batu Puti akan diserahkan ke Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) setempat.
Objek wisata Pantai Batu Puti secara resmi di buka oleh Bupati Hendrajoni pada Minggu (5/6/2016) sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam pengembangan potensi pariwisata.

Sejak saat itu objek wisata tersebut ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun nasional, terutama pada libur akhir pekan dan libur nasional.
Di objek wisata Pantai Batu Puti Indah selain bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih yang landai, wisatawan juga bisa menikmati sejuknya udara di bawah pohon cemara laut.

Selain itu wisatawan juga bisa langsung ke pulau karang Batu Puti dengan menyewa perahu milik nelayan setempat, selain indah wisatawan juga bisa leluasa memancing di lokasi.

Baca juga:
Pessel Dukung Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat